Tokoh Penyatu Perbedaan itu Telah Pergi, Rakyat Lutim Kehilang Sosok Bupati yang Baik dan Bijak

LUTIM, SINYALTAJAM.COM – SEMPAT dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar, Bupati Kabupaten Luwu Timur, Ir H. Muhammad Thorig Husler, meninggal dunia pada Kamis pukul 07:56 WITA.

Sebelum wafat, pria yang akrab disapa Pak Haji itu sempat menjalani tindakan medis karena ada masalah pada paru-paru. Seusai menjalani perawatan medis selama 12 hari, kondisi Thoriq Husler, terus menurun dan kritis hingga harus meninggalkan hiruk pikuk dunia untuk menghadap Sang Khaliq.

Kabar duka inipun begitu cepat menyebar melalui WhatsApp, akun Facebook dan Twitter. ‘Bupati Luwu Timur baru saja wafat pada pukul 07:56 WITA, Mohon dimaafkan seluruh kesalahannya. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afi hi wa’fuanhu’, tulis netizen yang merasa terpukul atas meninggalnya Pak Haji.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Baru saja mendengar kabar duka bupati Thorig Husler telah berulang ke Rahmatullah,” tulis warga Lutim di pesan WhatsApp. Warga Bumi Batara Guru mendoakan agar seluruh amal ibadah dan pengabdian Bupati memperoleh ganjaran yang berlimpah dari Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.

Ungkapan duka juga datang dari politisi Golkar Lutim, Najamuddin. Anggota DPRD ini mengatakan bapak Thorig Husler merupakan sosok visioner. “Beliau selalu mengajarkan kepada kita semua untuk menghargai sebuah perbedaan karena disitulah makna demokrasi yang hakiki. Kita juga mesti saling tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari di tengah dinamika perbedaan,” kenang Najamuddin.

Bupati yang dicintai rakyat Lutim, Thoriq Husler berusia 57 tahun kini telah tiada. Dia merupakan seorang Tokoh yang dikenal berbagai kalangan hingga para Tokoh penting didaerah ini, cukup banyak menyumbangkan buah pikiranya untuk kemajuan Bumi Batara Guru agar dapat selalu hidup rukun, tenteram dan hidup damai ditengah keberagaman.

Sejak pagi hingga malam hari ini seluruh masyarakat yang mencintai tumpah di jalan-jalan untuk menunggu dan menjemput jenazah sang pemimpin baik hati. Begitu juga di tempat – tempat yang kerap menjadi lokasi pertemuan warga, terus menceritakan kebaikan hati seorang pemimpin yang jujur dan ikhlas mengawal roda pemerintahan di daerah ini.

Bahkan hingga malam rumah jabatan Bupati di Puncak Indah ramai dikunjungi masyarakat, para pejabat, sanak famili, kerabat dari berbagai daerah untuk mengantar jenazah Sang tokoh pemersatu perbedaan itu ke tempat peristirahatannya yang terkahir di Masamba Luwu Utara, Jumat (25/12/2020).

Ucapan belasungkawa datang dari segala penjuru warga Lutim, Lutra, Palopo, Makassar serta daerah lainya menghiasi kepergian Sang Tokoh yang terkenal ramah dan baik.

Thorig Husler juga merupakan Tokoh Politik sebagai Ketua DPD Golkar Lutim yang kerap diminta petuah atau nasehatnya serta buah pemikiranya dalam memajukan kualitas demokrasi politik di Tanah Luwu ini.

“Tentunya sebagai Wakil rakyat berharap masyarakat bisa mengikuti jejak beliau, menjadi tokoh yang bijak, tokoh yang bisa menyejukkan masyarakat dan berfikir dengan akal sehat,” ungkap Najamuddin.

Dengan begitu, kedepan ikatan persaudaraan di daerah ini dapat terus terjaga, tetap lebih baik dalam segala hal pembangunan manusia maupun infrastruktur serta segala kebutuhan kehidupan dalam bernegara.

Selamat jalan Bapak Bupatiku tercinta, selamat jalan pribadi yang sederhana dan merakyat, Selamat jalan penyatu perbedaan, tenang dan damailah bersama sang pencipta di surga, Aamiin.

Duka yang mendalam sangat kami rasakan bagi masyarakatmu di Luwu Timur. (Mardin)

JANGAN LEWATKAN