Buntut Pencopotan Empat Kadis, Dewan Hearing Wakil Bupati

LUTIM, SINYALTAJAM.COM – Pencopotan terhadap empat Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang dilakukan Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, akhirnya berbuntut. Pasalnya, pencopotan pejabat itu justeru tidak membuat nyaman bagi segenap anggota DPRD.

Akibatnya, melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Lutim mengagendakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang bertujuan meminta klarifikasi atau penjelasan terkait pencopotan keempat Plt kadis tersebut kepada Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Kepala BKPSDM setempat.

Wakil Ketua DPRD Lutim Usman Sadik mengatakan, terkait pergantian pejabat yang dilakukan di injury time masa jabatan Wakil Bupati itu mengundang pertanyaan dari banyak kalangan. Bahkan ini cukup membuat resah segenap anggota DPRD.

“Munculnya polemik terkait pencopotan terhadap empat pejabat struktural tersebut, sangat perlu mendapat kejelasan atau keterangan dari pemerintah daerah terutama Wakil Bupati yang melantik pejabat pengganti keempat Plt tersebut,” jelas Usman Sadik yang mendapat respon positif dari sejumlah legislator yang mengikuti rapat Bamus, Jumat (5/2/2021).

Menurut Usman Sadik, Surat Keputusan (SK) yang diteken Wakil Bupati Lutim terhadap Empat PLt Kadis itu justeru membuat DPRD secara kelembagaan tidak merasa nyaman.

Dengan begitu tidak ada alasan, lanjut dia, melalui kewenangan yang dimiliki lembaga dewan, harus menghadirkan para pejabat pemangku kebijakan untuk memberikan penjelasan secara rasional yang mengacu pada regulasi agar dapat diterima semua pihak.

“Upaya ini juga dilakukan dewan agar persoalan yang menjadi buah bibir masyarakat ini tidak semakin membias. Kami juga ingin kejelasan apakah Wakil Bupati punya kewenangan mengganti pejabat ,” kritik Usman Sadik.

Tentunya, imbuh dia, apapun yang dilakukan pemerintah daerah terkait mutasi atau penggantian pejabat, setidak melalui Baperjakat. “Makanya kami juga akan meminta penjelasan Baperjakat apakah pergantian pejabat tersebut sudah sesuai pertimbangan atau memang sebuah kebutuhan organisasi,” tandasnya.

Sekdar diketahui, Wakil Bupati Lutim Irwan Bachri Syam, mencopot Empat Plt Kadis. Mereka Plt. Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, dan Kadis Kesehatan.

Pencopotan tersebut kemudian mendapat sorotanan dari berbagai kalangan. Apalagi pencopotan Plt. Kadis PUPR Lutim, Senfri Oktovianus dilakukan saat yang bersangkutan sedang cuti selama enam hari. (Hr)

JANGAN LEWATKAN