Gelar Bamus,Bahas Pergantian Plt Usman Sadik Risih

LUTIM, SINYALTAJAM.COM-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur menggelar Rapat Badan Musyawarah (Bamus) bersama beberapa anggota DPR dari Fraksi Hanura, Golkar, PAN, dan juga pemerintah Daerah, yang di selenggarakan diruang aspirasi,Jumat (5/2/2021).

Rapat tersebut dalam rangka penentuan jadwal agenda kegiatan DPRD di 2021 tahun ini. kegiatan yang disusun dan disetujui dalam rapat Bamus yaitu usulan pemberhentian sebagai ketua dan anggota DPRD Luwu Timur Pengangkatan calon pengganti antar waktu.

Kemudian akan dilakukan rapat dengar pendapat (RDP ) yang rencananya akan dilaksanakan pada Senin (8/2/2021).

Yang pertama pengesahan pemberhentian wakil bupati Luwu Timur masa jabatan 2016-2021.

Dan dilanjutkan terkait pengakatan pelaksanaan tugas (PLT) Bupati.

Wakil Ketua II DPRD H.Usman Sadik S.sos, yang memimpin rapat tersebut, juga mengungkapkan bahwa sesuai ketentuan pasal 78 ayat (2) huruf a UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah antara lain menegaskan bahwa kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.

Namun diselah kegiatan bamus tersebut Usman Sadik Mengungkapkan ketidak nyamanan dengan adanya pergantian pelaksanaan tugas di beberapa dinas, olehnya itu DPRD akan lakukan RDP Senin akan datang dan akan menghadirkan wakil Bupati Irwan Bachri Syam Sekda Lutim Bahri Suli, kepala BKPSDM Kamal Rasyid.

“Jadi Senin nanti kita adakan RDP dan meminta klarifikasi sekaligus mendengarkan keterangan Wakil Bupati, Sekda, kepala BKPSDM terkait pergantian Plt baru-baru ini apakah itu sudah sesuai aturan atau cacat hukum,” pungkasnya.

Lanjut dia, SK yang ditanda tangani Irwan Bachri Syam Wakil Bupati itu terkait pergantian beberapa Plt membuat DPRD secara kelembagaan kurang nyaman,.

“Tapi nanti RDP kita mau dengar klarifikasi yang bersangkutan. Dan kami juga mau tau apakah bisa seorang Wakil Bupati melakukan pergantian Plt. Dan apakah pergantian itu sebuah kebutuhan organisasi atau apa,? .Tuturnya.Lap Masding/HR.

JANGAN LEWATKAN