PROGRAM PSR DANA HIBAH BPDPKS DARI SAWIT UNTUK SAWIT PETANI SAWIT LUTIM MERASA PUAS DAN BERSYUKUR

LUTIM, SINYALTAJAM.COM – 850 Ha yang sdh ditanami termasuk didalamnya usulan 8 kelompok tani serta tahap 1 koperasi KAMU, sementara 370,50 dalam tahap pembersihan persiapan tanam, kemudian lahan seluas 1300 Ha usulan koperasi KAMU tahap 2&3 masih dalam proses penumbangan dan pembersihan.

Hadirnya program peremajaan kelapa sawit dari dana hibah BPDPKS dibawah naungan Kementerian pertanian RI membawa berkah bagi masyarakat petani sawit seluruh Indonesia pada umumnya dan secara khusus masyarakat petani Luwu timur. Hadirnya koperasi KAMU yang berhasil membantu dinas pertanian Luwu Timur dalam pengusulan PSR pertama kali tentunya membawah berkah bagi sebagian besar petani sawit di Luwu Timur.

“Untuk saat ini progres penanaman sudah mencapai 850 Ha dari pengusulan 8 kelompok tani dan pengusulan tahap 1 koperasi KAMU. Kemudian luas lahan 370,50 Ha dalam proses pembersihan, pemancangan, pelubangan menuju persiapan tanam, “ujar Humas KAMU Muhammad Alwan SH.

Sedangkan pengusulan koperasi KAMU tahap 2 & 3 dengan luas lahan sekitar 1300 Ha masih sementara dalam proses penumbangan dan pembersihan. Jika sudah ditumbang dan di bersihkan kami sarankan kepada petaninya agar langsung memancang dan gali lobang persiapan tanam. Mengingat bibit yang kami siapkan dalam perogram ini sudah di sertifikasi dan sudah layak tanam, lanjut Alwan.

“Adapun bibit kelapa sawit yang kami persiapkan adalah bibit unggul berkwalitas dari pusat penelitian kelapa sawit (PPKS) Medan. Perlu diketahui persiapan bibit dalam program PSR ini menjadi faktor utama karena keberhasilan program ini tergantung mutu benih yang disiapkan dan sistim pengelolaan pemeliharaan oleh petani pemilik kebun,” kata Alwan.

Bibit PPKS Medan yang disiapkan terdapat 3 jenis varietas yang ditangkar untuk kebutuhan PSR di Luwu Timur. Varietas Yangambi, DXP 540, dan varietas Simalungun yang merupakan 3 jenis varietas dengan jaminan mutu benih yang dapat di pertanggung jawabkan. Bibit Tidak akan di salurkan sebelum di sertifikasi dan diberi Lebel, tutur Alwan.

Selain Itu seorang warga dan juga sebagai petani mengatakan bahwa kehadiran koperasi KAMU di Lutim ini kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada koperasi KAMU yang telah membantu kami untuk mendapatkan program peremajaan dari dana hibah tanpa hutang. Lahan kami sudah selesai ditanami dan kami merasa puas dengan bibit yang disiapkan,kata Sion Talumba petani sawit asal Kasintuwu.

“Kami berharap agar kedepannya, kami tetap dibina dan diberikan arahan yang tepat terkait tekhnis pemeliharaan dan perawatan agar kami bisa memperoleh hasil yang maksimal sesuai harapan,” harap Sion T.

Ketua kelompok tani harapan makmur 3 Ruben T mensupport program yang di bawah dinas pertanian kab Luwu Timur. Kami berterima kasih kepada pemerintah kab. Luwu Timur dalam hal ini dinas pertanian yang telah membantu masyarakat petani sawit khususnya di Luwu Timur. Dimana program ini pertama kali di sosialisasikan oleh dinas pertanian kemudian nanti saat pengusulan kami dibantu oleh koperasi KAMU. Setelah itu kami dengan Koperasi KAMU merupakan mitra kerja dalam hal pengelolaan program secara tekhnis di lapangan. Ujar Ruben.

Sebagai mitra kami dalam pengelolaan program ini, koperasi KAMU berperan sebagai mentor kami disamping membuat segala bentuk administrasi yang dibutuhkan. Membuat laporan hasil pekerjaan, membuat lpaoran monev, membuat laporan progres kerja dll, tutup Ruben.

Jadi pada dasarnya bahwa program PSR ini serta pengelolaannya kami jalankan sesuai aturan, tdk ada yg perlu dikhawatirkan. Karena berdasarkan perjanjian tiga pihak antara pihak BPDPKS yang merupakan penyedia anggaran, Koperasi atau Kelompok Tani sebagai pihak pengusul selaku pengelola kegiatan dan pihak Bank selaku penyimpan dana atau bendahara kegiatan. Jadi setiap progres pekerjaan yang di cairkan anggarannya itu di kontrol oleh pihak Bank terkait penggunaan anggaran tersebut.

Dana yg terdapat di rekening penampung (escrow) tdk bisa ditarik sesuka hati tapi melalui mekanisme pengusulan berdasarkan progres kerja yg melibatkan pemda dalam hal ini dinas pertanian, urai Syamsul ketua koperasi KAMU.

Kami berharap program ini mampu membawa perubahan yang signifikan di Luwu Timur. Tentunya peran serta Pemda dalam mensupport kegiatan ini sangat diperlukan untuk bersama-sama bersinergi menjadikan luwu timur lebih sejahtera. Segala bentuk masukan atau kritikan yang bersifat membangun demi kemajuan petani sawit Luwu Timur yang baik kedepan.Lap Tim.

JANGAN LEWATKAN