Plt Kadis PUPR Janji Besok Turunkan Alat Berat Kalau Warga Setuju

LUTIM.SINYALTAJAM.COM-Rombongan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) dan anggota DPRD mendatangi beberapa titik lokasi yang terdampak banjir di Desa Tarabbi Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur .Selasa (23/02/2021).

Ada tujuh belas hektar lahan sawah yang sudah di tanami warga dan dua ratus sembilan hektar yang baru mau di tanami  itu terendam banjir.

Menurut Plt. Kepala Dinas PUPR, Andi Juanna kepada awak media Bahwa ini sudah sering kali diturunkan alat berat untuk penanganannya namun yang menjadi kendala adalah para pemilik lahan yang tidak setuju.

Beliau melanjutkan bahwa “Kami sudah sering kali mau membantu warga untuk memperbaiki lahan tersebut, hanya saja warga yang punya lokasi tidak mau dilalui oleh alat berat diatas lokasinya padahal kalau lahan yang terdampak banjir tersebut dilakukan normalisasi pada pembuangan airnya maka bisa dipastikan tidak terjadi seperti ini,”ujar.

Masih Andi Juana menambahkan bahwa “Kalau hari ini warga setuju dilalui lahannya oleh alat berat maka besok saya akan perintahkan untuk segera turunkan alat berat agar supaya dilakukan normalisasi pada saluran air pembuang,” tegasnya.

Ditempat yang sama saat kami temui awak media, Najamuddin selaku anggota dewan terpilih dapil 1 (Malili – Angkona) juga langsung mengambil tindakan dan segera meminta sekertaris Desa Tarabbi kec. Malili untuk melakukan koordinasi kepada para pemilik lahan yang akan dilalui oleh alat berat tersebut.

Begitu juga sekdes Tarabbi Anwar Palli SH,. mengatakan kalau banjir ini sering terjadi karena hampir semua dreinase sering tersumbat, karena minimnya gotong royong yang di lakukan warga.

Bahkan Anwar mengatakan kalau pembuangan yang sering membuat air tersumbat hingga mengakibatkan banjir, sudah pernah di anggarkan di dana ADD.

“Kami dari pemdes sudah pernah menganggarkan melalui anggaran ADD untuk normalisasi saluran tersebut namun hasilnya tidak maksimal.

Lanjut Anwar, ” untuk itu kami dari Pemdes mengucapkan terimakasi banyak kepada anggota DPRD, Dinas PU dan semua yang sudah datang melihat kondisi kami yang ada di Desa ini,” Ungkapnya. Lap Masding.

JANGAN LEWATKAN