Tingkatkan Pendapatan  Dan Pengembangan  Kelompok Tani, Nelayan Dan Peternakan,  Pemdes Galesong Baru, Adakan Pelatihan

MAKASSAR,  SINYALTAJAM.COM – Untuk meningkatkan pendapatan dan pengembangan serta meningkatkan kemajuan kelompok tani  nelayan, dan ternak yang ada di Daerah Takalar,  Pemerintah Desa Galesong Baru,  kecamatan Galesong,  Kabupaten Takalar, adakan pelatihan , sabtu, 27/2/2021.

Kegiatan pelatihan ini di adakan di Hotel  Foxlite Royal Bay,  jalan  Sultan Hasanuddin makassar dengan menghadirkan nara sumber, Sema, S.Pt. M.Si. selaku Dosen tetap dari Universitas Puangrimaggalatung  Sengkang Bidang nutrisi dan teknologi pakan ternak  juga sebagai Dosen luar biasa pada institut  pada pertanian Takalar,

Dalam kegitan pelatihan ini juga turut hadir    Dosen Tri Gustanti, S.KOM, M.M dari prodi bisnis di gital  Takalar,  Muhammad Sahir, S.Pi, M.SI. dari program studi manajemen  sumberdaya perairan dan Nurlina selaku staff Desa sekaligus perwakilan dari pemerintah Desa Galesong.

Dalam sambutannya, Nurlina mengatakan, bahwa program ini merupakan program untuk meningkatkan kapasitas  para petani dan nelayan yang ada di desanya , sehingga nantinya  apa yang di berikan narasumber nantinya bisa  kembali di terapkan di desanya, misalnya  kekuatan kelembagaan serta  peran aktip BumDes dan menumbuhkembangkan UMKM.

Selain itu , Desa Galesong juga di harapkan menjadi Desa binaan  untuk meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat  nantinya, karena
kedepannya masih banyak program  yang  ingin di rencanakan misalnya, pengembangan ternak ruminansia seperti ternak sapi, kambing dan lain-lain, sementara di  bidang perikanan adalah pengolahan telor ikan terbang, dan di bidang bisnis di perkuat dengan sistem pemasaran dan pengelolahannya  yang menggunakan teknologi.

Sementara, Sema , S.Pt, M.SI, selaku pembawa materi  mengatakan kalau tujuan dari pelatihan ini agar masyarakat lebih kreatif  sehingga bisa mengembangkan dan meningkatkan pendapatannya  melalui usaha peternakan,  perikanan, dan lain lain dan tatkala pentingnya adalah  peran BumDes sangat di harapkan  untuk mengcover semua produk produk yang ada.

Begitu juga dengan  Tri Gustanti,S.KOM,M.M, selaku Dosen prodi bisnis digital juga ikut membawakan materi tentang betapa pentingnya perkembangan imformasi dan teknologi  dalam pengembangan SDM , sehingga adanya pelatihan ini, masyarakat mampu  megaplikasikan teknologi.

Juga Muhammad Sahir,
S.PI, M.SI. juga merupakan salah satu Dosen yang membidangi  program studi manajemen sumber daya perairan juga membawakan materi pengawetan ikan dengan metode penggaraman  dan pengeringan, dengan tujuan agar nelayan  mampu mengaplikasi metode pengawetan  ikan  sehingga hasil laut / perikanan mereka  tetap  terjaga kwalitasnya. lap MS.

JANGAN LEWATKAN