Tim Dinkes Lakukan Verifikasi Untuk Desa ODF, ini Tujuannya

LUTIM, SINYALTAJAM.COM – Dinkes kesehatan Lutim, melakukan kunjungan ke setiap desa yang ada di kecamatan malili, kabupaten Lutim, guna  melakukan verifikasi untuk Desa ODF, salah satunya Desa Tarabbi, 16/3/2021.

Dalam kunjungan ini,  juga turut hadir  Kapus lakawali, Mahfud Burhan, S.Kep, Ns.selaku Tim prifikasi Desa ODF dari Dinkes, Balobo Abbas, Skm,MM, selaku ketua tim verifikasi, H.Junaedi,Skm. M. Kes,dan Fitriana Syaripuddin , Skm.M.Kes. dan Bidan pustu Tarabbi.

Kunjungan Tim verifikasi tersebut, di sambut baik oleh Pemdes Desa Tarabbi, dalam hal ini Anwar Palli, SH, selaku sekdes bersama dengan aparat  lainnya.

Dalam sambutanya, Anwar palli, SH, menyampaikan terimakasi atas kunjungan tim verifikasi ini untuk datang memberikan  motivasi tentang betapa pentingnya setiap pemerintah  desa bisa memperhatikan masalah jamban sehat yang ada di setiap warga.

Begitu juga dengan Balobo Abbas, Skm, MM,” kedatangan kami di desa ini taklain hanya untuk melakukan Verifikasi untuk desa ODF, agar setiap masyarakat bisa  berperilaku hidup sehat sehingga nantinya tidak ada lagi warga yang BAB di sembarang tempat.

juga Balobo Abbas  meminta kepada semua kepala dusun yang hadir agar memberikan gambaran tentang warganya yang ada di wilayahnya masing masing  apakah masih ada warganya yang belum mempunyai jamban, namun semua kepala dusun mengatakan hampir semua sudah punya meskipun itu hanya  jamban cemplung.

Kapus lakawali, Mahfud Burhan, S.Kep, Ns, mengajak pemdes agar senantiasa mengajak masyarakat hidup sehat dan bila perlu pemdes bisa membuat aturan atau persyaratan kedepannya apa bila ada warga yang mendapatkan bedah rumah harus mempunyai  jamban dulu.

Menurut , H. Junaedi, Skm,M,Kes, salah satu persyaratan desa untuk masuk ke Desa ODF, adalah pernah mendapatkan Program pemberdayaan  Pamsimas dan salah satunya itu adalah desa tarabbi, sehingga desa tarabbi ini masuk desa ODF dengan no urut ke 99, apa lagi desa ini baru baru mendapatkan bantuan septik tank sebanyak 93 dari PUPR.

Masih kata dia,” apa bila setiap program bantuan dari pemerintah bisa di jaga dan di pelihara dengan baik, tidak menutup kemungkinan masih banyak bantuan lainnya akan masuk ke desa ini, untuk itu kami harapkan apa yang sudah ada bisa di jaga dengan baik, di pertahankan dan lebih di tingkatkan lagi.

Setelah tim verifikasi ini mengtakan bahwa desa tarabbi ini layak jadi desa ODF, maka tim Verifikasi dari dinkes, melakukan penandatanganan berita acara Verifikasi Desa ODF dengan pemdes Tarabbi.lap, MS.

JANGAN LEWATKAN