Ikut Reses DPRD di Desa Baruga,Kabid SDA Sampaikan Kendala Pembangunan di Lutim

Lutim. Sinyaltajam.Com – Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Luwu Timur menyempatkan diri hadir dalam acara Reses perseorangan salah satu anggota DPRD dari Fraksi partai Golkar Najamuddin yang bertempat di TPI lama jalan Jendral Sudirman depan warkop Punggawa Desa Baruga Kecamatan Malili.Rabu 17/03/2021.

Dalam kesempatan yang diberikan,Andi Juanna selaku Kabid SDA Luwu Timur menaggapi pertanyaan salah satu Tokoh masyarakat yang menyampaikan aspirasinya dalam reses tersebut terkait minimnya pembangunan di Desa Baruga dalam beberapa tahun ini.

Menurut Andi Juanna, “Kelemahan kita di penganggaran APBD itu adalah, kita sering menganggarkan untuk membangun membangun tapi kita tidak pernah anggarkan pemeliharaannya,itu suatu kelemahan bagi kita,karena didalam hukum konstruksi undang undang konstruksi mengatakan yang namanya konstruksi itu umurnya sepuluh tahun,tapi dalam sepuluh tahun itu untuk mencapai sepuluh tahun itu harus ada namanya pemeliharaan rutin,masuk ke lima tahun ada namanya pemeliharaan berkala,”
Terang Andi Juanna.

Lanjut Andi Juanna, “Sekarang dalam sistim pengadaan konstruksi itu tidak langsug lagi DID ada namaya perancangan,dimana perancangan itu satu tahun sebelumnya, dan sudah termasuk kajian tanamnya, misalkan kita membangun draenase atau saluran,berapa debit yang akan di ambil berapa debit yang akan melewati,nanti di akhir tahun baru di desain namanya DID disitu juga ada perencanaan ada namanya isi lingkungannya dan sebagainya,” Jelasnya.

Masih kata A.Juanna, “Dan terus terang mohon maaf pak Dewan,kendala kita di PU ini izin galian C yang sampai sekarang belum terselesaikan,karena kalau kita mengambil bukan dari tempat berizin maka kita akan dipidanakan,karena ini sekarang sudah sudah banyak laporan yang masuk,” Ungkapnya.

Kabid SDA menambahkan, “ۨۨKemudian terkait usulan warga mengenai drainase itu nanti kita akan turun tinjau bersama Tim sambil kita tunggu alat yang tidak terpakai,” Tambahnya.
(HR)

JANGAN LEWATKAN