Budiman dan Kalangan Dunia Usaha Menggelar Rapat Penataan RTH: Ini hasilnya

Luwu Timur, Sinyaltajam.Com – Wakil Bupati Luwu Timur H. Budiman Hakim Pimpin Rapat Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Aula Rujab Bupati Luwu Timur siang tadi Pukul 13:30 WITA Kamis (25/3/2021).

Rapat kordinasi tersebut dihadiri oleh Kepala OPD dan 34 Kalangan dunia Usaha. Rapat dilaksanakan dengan undangan terbatas karena penerapan Protokol Covid-19.

Rapat Penataan RTH Privat ini digelar dengan maksud untuk mengajak berdiskusi guna membangun kesepahaman antara Pemerintah Daerah dan Kalangan Pengusaha, dimana setiap perusahaan wajib berkomitmen untuk berperan dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Luwu Timur H. Budiman Hakim, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa “rapat ini merupakan ajang kita saling berdiskusi dan kami mengajak kepada dunia usaha untuk membangun daerah ini melalui program pemberdayaan masyarakat yang berwawasan lingkungan,” Ungkapnya.

Berdasarkan Perda 41 tahun 2011 tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau, dimana RTH Privat adalah RTH yang penyediaan dan pemeliharaannya menjadi tanggung jawab pihak/lembaga swasta maupun perseorangan dan masyarakat yang pemanfaatannya untuk kalangan terbatas antara lain berupa kebun atau halaman rumah/gedung milik masyarakat/swasta untuk ditanami tumbuhan, yang dikendalikan melalui izin Pemanfaatan Ruang oleh Pemerintah daerah.

Selanjutnya Budiman mengungkapkan, bahwa “Luwu Timur akan ramah terhadap investasi namun tetap peduli pada lingkungan. Untuk penataan RTH ini sendiri kita fokus kepada RTH Privat yang dikerjasamakan antara Pemerintah Daerah dengan dunia usaha melalui program tanggung jawab sosial (CSR) dan lingkungan perusahaan,” Tuturnya.

Sebelum menutup sambutannya Budiman yang kerap disapa Budi berkelakar bahwa silahkan bapak/ibu buat desain tamannya, pasang plan perusahaannya bapak disitu, trus jika sudah selesai dibuat, kita lakukan serah terima dengan pemerintah daerah, supaya pemeliharaannya dilakukan oleh pemerintah daerah, jangan sampai bapak bilang kita yang bagungkan taman kita lagi yang pelihara. hal ini langsung di sambut gelak tawa para peserta rapat.Lap Ibrahim)

JANGAN LEWATKAN