US SMA digelar serentak: Siswa siswi SMA Negeri 1 Luwu Timur mengikuti secara Daring dan Luring

Luwu Timur, Sinyaltajam.Com – Siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Luwu Timur mengikuti Ujian Sekolah secara Daring dan Luring sejak senin (29/3) hingga berakhir tanggal (7/4).

Pelaksanaan US di tengah pandemi berlangsung secara daring atau online di rumahnya masing-masing namun ada juga sebagian siswa juga melaksanakan ujian dengan datang ke sekolah karena terkendala fasilitas seperti komputer maupun wifi.

Di SMA Negeri 1 Luwu Timur, total ada 278 siswa siswi yang tercatat mengikuti ujian sekolah.

Ujian dilakukan, secara daring mengharuskan siswa memiliki dua perangkat elektronik seperti laptop untuk mengakses soal ujian dan telefon genggam yang digunakan sebagai alat komunikasi virtual agar guru bisa mengawasi saat ujian berlangsung.

SMA Negeri 2 Luwu Timur juga menggelar ujian sekolah secara langsung, sebagai solusi bagi siswa yang tidak memiliki perangkat elektronik dan jaringan wifi.

Total terdapat 16 siswa yang mengikuti ujian sekolah secara langsung, dengan praktik protokol kesehatan yang harus dilakukan bagi siswa, guru, atau pengawas.

Sebelumnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Sulawesi Selatan Bapak Drs Muh Arafah MPd yang menyampaikan hasil keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan untuk meniadakan ujian nasional (UN) dan ujian kesetaraan di tahun 2021 untuk menjaga keamanan siswa dan masyarakat dari penyebaran covid-19.

Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, syarat kelulusan pun menyesuaikan dari pihak sekolah, salah satunya melalui ujian sekolah sebagai penentu kelulusan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Luwu Timur Drs. Muh Saleh MM saat ditemui awak media sinyaltajam mengatakan bahwa “penyelenggaraan Ujian Saat ini berjalan lancar, aman dan tertib, diharapkan kondisi ini dapat berjalan sesuai diharapkan hingga tingkat kelulusan bagi Siswa siswi sesuai yang diharapkan,”Ungkap Muh Saleh. Lap Ibrahim*)

JANGAN LEWATKAN