Puskesmas Cendana Putih Mappideceng Laksanakan Vaksinasi Tahap Pertama

Luwu Utara, Sinyaltajam.Com – Kepala Puskesmas Cendana Putih Kec.Mappideceng Kab.Luwu Utara melaksanakan Vaksinasi Covid-19 tahap l untuk sejumlah petugas pelayanan umum, mulai dari tenaga kesehatan, guru-guru hingga calon jama’ah haji dan umroh yang berlangsung pukul 08.00 sampai 16.00 wita.Sabtu 10/04/2021.

Dari hasil observasi pasca penyuntikan vaksin tersebut, tidak ditemukan warga atau petugas layanan umum yang mengalami efek samping setelah disuntik,dan vaksin tersebut dinyatakan aman dalam meningkatkan antibodi untuk antisipasi penyebaran virus covid.

Petugas Vanksinator Putu Arya Darmika mengatakan, “Untuk Vaksinadi tahap l di Puskesmas Cendana Putih ini yang sudah disuntik ada sebanyak 164 orang untuk hari ini,termasuk calon jamaah haji di berbagai daerah seperti di Luwu Timur,dan Sidrap,” Katanya.

Lanjut kata Putu, “Sebelum pelaksanaan vaksinasi itu pihak dari petugas kesehatan tidak serta merta melakukan suntik vaksin kepada orang yang akan di vaksin,akan tetapi, sebelum disuntik peserta dicek dulu tekanan darahnya, serta kesehatan lainnya dan jika ada yang mengalami penyakit bawaan atau kurang sehat itu belum atau tidak bisa dilakukan penyuntikan,kemudian ketika sudah ada yang disuntik vaksin,tidak dibolehkan pulang atau meninggalkan tempat terlebih dahulu selama 30 menit akan tetapi dilakukan observasi apakah pasca penyuntikan itu ada gejala atau efek lain ?,” Ujar Putu.

“Dan kita bersyukur tidak ditemukan peserta vaksinasi yang mengalami efek yang mengkhawatirkan,artinya bahwasanya vaksin yang kita gunakan ini,aman dalam menjaga kekebalan daya tahan tubuh, maka dari itu masyarakat tidak perlu takut dan was-was ketika hendak divaksin nantinya. Dan kita terus sosialisasikan vaksinasi ini kepada masyarakat, baik melalui medsos, turun langsung ke lapangan bahkan dalam kesempatan apapun kami terus lakukan sosialisasi.” Ungkapnya

“Dan untuk interval vaksinasi dari dosis kesatu menuju vaksin dosis kedua itu biasanya menunggu selama 28 hari,”
Tambahnya.

Lap. Fatahuddin

JANGAN LEWATKAN