Apel Gelar Pasukan, Budiman Minta Personil Satpol PP, Linmas, dan Damkar Responsif dan Proaktif

Lutim.Sinyaltajam.Com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman, memimpin langsung apel gelar pasukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran ke 102, Satuan Polisi Pamong Praja ke 71 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke 59 tingkat Kabupaten Luwu Timur yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Luwu Timur, Senin (12/04/2021).

Apel gelar pasukan juga dihadiri Wakil Ketua DPRD, Sekda, H. Bahri Suli, Kapolres Luwu Timur, AKBP Indratmoko, Perwira Penghubung, Martinus Pagasing, perwakilan Kejari dan Ketua PN Malili, serta para Kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu Timur.

Dalam amanatnya, Budiman menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan dalam tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi Pemerintah dalam menjaga keamanan, ketertiban serta melindungi masyarakat.

“saya berharap kepada seluruh personil Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Pelindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme melalui pembenahan dalam berbagai aspek. Hal ini penting agar dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, dapat dilakukan secara lebih profesional, kompeten dan berdedikasi tinggi serta lebih mengedepankan lagi sikap dan tindakan yang bersifat edukatif, persuasif dan sesuai dengan budaya masyarakat setempat,” jelasnya.

Lanjut Budiman, Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Pelindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran ini hendaklah dijadikan sebagai refleksi untuk bersikap semakin tegas namun tetap humanis, proaktif dalam menjalankan tugas dilapangan serta tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan Pemerintahan.

“Kepada anggota Satlinmas, saya harapkan agar senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum,” ungkapnya.

“Selanjutnya, kepada petugas pemadam kebakaran agar responsif dan proaktif. Selain siaga dan memiliki respon cepat ketika ada bencana kebakaran, petugas juga saya harapkan proaktif untuk mencegah terjadinya kebakaran,” tambahnya.

Terakhir, orang nomor satu di Luwu Timur ini juga mengharapkan segenap jajaran Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Pelindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran, dapat tetap memelihara serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan berbagai instansi lainnya dalam pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan kewenangannya. (hms/ikp)

JANGAN LEWATKAN