Pimpin rapat paripurna penyerahan 3 ranperda; Ini Sambutan Bupati Luwu Timur

Luwu Timur, Sinyaltajam.Com – Pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Luwu Timur, yang dipimpin langsung Bapak Bupati Luwu Timur Budiman MPd yang sekaligus menyerahkan tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur, HM. Siddiq BM, Senin (12/04/2021).

Bupati Luwu Timur Budiman MPd Dalam mengawali Pidato sambutannya mengatakan bahwa penyerahan Ketiga Rancangan Peraturan Daerah ini merupakan dasar hukum pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Luwu Timur, selain itu juga bahwa penyerahan ranperda ini sebagai upaya peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan serta pembinaan dan pelayanan kemasyarakatan.

Ada tiga ranperda yang diserahkan yakni Ranperda Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, kemudian Ranperda Pemilihan Kepala Desa dan Ranperda Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Luwu Timur.

Terkait Ranperda Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, Budiman mengatakan, Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum. Olehnya itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur berkomitmen untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Luwu Timur dari penyebaran Covid-19 yang hal ini juga sesuai dengan yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945 yakni melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia.

Lanjut Budiman, Ranperda Pemilihan Kepala Desa yang dirancang substansi materinya menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi gunanya untuk mempertegas kedudukan hukum terkait Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Luwu Timur agar tercapai asas kepastian hukum demi tegaknya budaya demokratisasi Desa yang mana merupakan kewenangan pemerintah daerah kabupaten Luwu Timur. Untuk itu sangat dibutuhkan Peraturan Daerah yang mengatur tentang pemilihan kepala desa secara serentak.

Melalui pidato sambutannya Budiman MPd berpesan bahwa “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ada 62 (enam puluh dua) Desa yang ikut berkompetisi dalam Pemilihan Kepala Desa secara serentak dan saya berharap kepada Perangkat Daerah terkait hal-hal teknis yang terjadi pada tahun sebelumnya dapat kita jadikan pengalaman sehingga di Tahun 2021 ini tidak terjadi hal yang sama,” pesan Budiman.

Terakhir, Ranperda tentang PDAM, Budiman mengatakan, Pembentukan Ranperda ini dilakukan untuk mengubah bentuk badan hukum dari Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Luwu Timur menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Luwu Timur.

“Terkait PDAM ini, perlu juga kita semua tentukan nama perusahaan, namun hal ini akan kita bicarakan bersama lebih lanjut,”  tandas Budiman.

Dalam mengakhiri Pidato sambutannya beliau atas nama pemerintah daerah kabupaten Luwu Timur dan mewakili keluarganya juga mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan selamat memasuki bulan suci ramadhan Mohon maaf lahir dan batin. Lap Ib )

JANGAN LEWATKAN