Jelang Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2021, Forum KKS Lutim Menggelar Rapat Koordinasi

Sinyaltajam.com, Lutim – Forum Kabupaten/kota Sehat Kabupaten Luwu Timur (KKS Lutim), menggelar acara rapat koordinasi penyelenggaraan forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS), Kamis (29/4) pagi di Aula Kantor Bapelitbangda Kabupaten Luwu Timur.

Adapun fokus pada kegiatan ini adalah membuat dokumen KKS, dimana dokumen KKS adalah salah satu dari dua yang dipersyaratkan, sementara persyaratan yang lainnya adalah ODF atau Open Defecation Free yakni upaya prilaku masyarakat tuk tidak buang air besar sembarangan.

Sekertaris Forum KKS Lutim Mahyudin mengatakan bahwa “tahun 2019 yang lalu kabupaten luwu timur telah meraih target Swasta Saba Wistara, yakni suatu level tertinggi ditingkat nasional dalam penilaian KKS, ditahun ini untuk mempertahankan pencapaian tersebut, sesuai petunjuk dan arahan ketua forum KKS Provinsi Sulawesi selatan harus ODF seratus persen,” ungkap Mahyudin.

Secara pengertian, Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi dalam program KKS bidang kesehatan lingkungan kepada kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian. Meliputi permukiman, sarana dan prasarana umum, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta sosial yang sehat. Secara berurutan, tahapan kategori KKS adalah Swasti Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan Swasti Saba Wisatara (Pengembangan).

Awal Bulan Mei Sudah memasuki tahap pemeriksaan dokumen penyelenggaraan KKS, dokumen yang sudah dilengkapi diserahkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel atau Tim KKS Provinsi Sulsel dan pengumumam hasil penilaian dilakukan di bulan juni.

Lanjut Mahyudin, “sekarang ini kami dalam tahapan penyusunan dokumen KKS, tujuannya agar bagaimana kami bisa mencapai ODF seratus persen, tentunya ini membutuhkan sinergitas, integrasi dan kolaborasi, sebab nantinya ODF secara esensi bisa mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” kata Mahyudin yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bapelitbangda Kabupaten Luwu Timur.

Masih kata dia “dengan melihat antusias dan semangat kerja tim KKS Lutim, kami sangat yakin bisa mempertahankan gelar Swasti Saba Wisatara tahun ini, oleh karena itu kami membutuhkan dukungan support dari semua kalangan baik itu pemerintah, masyarakat dan pihak swasta agar kami mampu mempertahankan gelar yang telah diraih sebelumnya,” tutup Mahyudin. Lap Ibrahim.

JANGAN LEWATKAN