Camat Kalena Bersama Tim Pengawas Obat dan Makanan Temukan Puluhan Barang tak Layak Konsumsi

Lutim.Sinyaltajam.Com-Tim Pengawas obat dan makanan Kabupaten Luwu Timur kembali melakukan pengawasan dan penggeledahan bahan pokok makanan hingga kosmetik di Kecamatan kalaena kab Luwu Timur, rabu 04 mei 2021.

Saat melakukan pengawasan, tim koordinasi didampingi oleh camat kalaena, beserta staf, satpol PP, dan kasi trantib, untuk bersama-sama melakukan pengawasan yang meliputi pasar toko swalayan, supermarket dan kios-kios yang menjual barang baik makanan dan minuman.

Seperti biasa, tim dibagi menjadi dua dengan obyek pemeriksaan berbeda. Tim 1 memeriksa dan mengawasi obat dan kosmetik sementara tim 2 mengawasi makanan dan minuman.

Andi sumange kastratib mengungkapkan
Dari hasil pengawasan baik di pasar maupun di toko-toko ,kios dan swalayan, tim pengawas menemukan puluhan barang yang tak layak di konsumsi ataupun di jual, diantaranya makanan, kosmetik dan obat-obatan yang dijual secara illegal bahkan telah kedaluwarsa serta tidak memiliki izin edar dari BPOM.

Terkait temuan ini, baik obat, kosmetik maupun makanan, tim kemudian memisahkan dengan barang lainnya dan meminta dengan tegas kepada pedagang untuk tidak lagi menjualnya dan dan memberikan waktu dalam waktu singkat, untuk mengembalikan atau meretur kepada distributor untuk di tukar barang baru .

Sedangkan barang baik obat dan makanan yang tidak dapat lagi direturn, dilakukan pemusnahan di tempat oleh kesadaran pemiliknya yang disaksikan oleh tim pengawas lalu dibuatkan berita acara pemusnahan.

Sementara untuk pedagang ikan, baik yang menjual  ikan segar maupun ikan kering tim melakukan pengecekan dan edukasi kepada pedagang yang ada di pasar , terutama untuk tidak menggunakan formalin atau sejenisnya untuk ikan yang dijual, ujar andi sumange

“Dan himbauan kepada masyarakat sebelum membeli, mohon di perhatikan lebel dan tanggal masa berlaku barang tersebut apa masih layak di konsumsi ataupun tidak ( kadaluarsa) agar terhindar dari penyakit yang membahayakan dalam tubuh kita,”Terangnya. Lap Fatahuddin.

JANGAN LEWATKAN