SMK 2 Luwu Timur Menggelar Rapat Teknis Persiapan PPDB, Ini yang dibahas

Sinyaltajam.Lutim-SMK Negeri 2 Luwu Timur menggelar rapat teknis persiapan PPDB tahun 2021 dengan sejumlah guru dan staf bertempat diaula kantor SMK Negeri 2 Luwu Timur yang beralamat desa beringin jaya kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur hari Jumat (28/5).

Hal ini berdasar keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang memastikan tetap menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara nasional tahun 2021 yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB.

Persiapan PPDB tahun 2021 pada tingkat SMA dan SMK dilakukan secara online dengan empat jalur pendaftaran yang bisa diikuti oleh peserta didik.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Luwu Timur  Muliayama Tanjung A.p. mengatakan, jalur pertama yaitu zonasi minimal 50 persen dari daya tampung. Jalur zonasi ditetapkan berdasarkan domisili peserta didik dan sekolah sesuai desa masing-masing. Sedangkan Jalur afirmasi yang diperuntukkan bagi siswa dari keluarga yang ekonomi kurang mampu minimal 15 persen.

“Sekolah akan diprioritaskan bagi siswa dengan domisili terdekat yaitu sesuai desa, Ketentuan domisili dibuktikan lewat alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun sejak pendaftaran PPDB, dan tuk kurang mampu meski dibuktikan dengan kartu keikutsertaannya dari pusat dan daerah,” kata Mulyama yang kerap disapa pak Mul di tomoni, Jumat (28/5/2021).

Selanjutnya ungkap Pak Mul, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dan paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah. Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orang tua atau wali dengan menunjukkan bukti surat penugasan orang tua atau wali.

“Siswa yang mendaftar lewat jalur perpindahan tugas orang tua atau wali harus menyertakan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan orang tua,” kata Pak Mul.

Terakhir kata Pak Mul, jalur prestasi yang disediakan dari sisa kuota sekolah paling banyak 30 persen. Jalur prestasi dapat ditempuh menggunakan nilai ujian sekolah.

Selanjutnya, prestasi ditentukan berdasarkan nilai rapor pada 5 semester akhir. Kemudian prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Pak Mul menjelaskan, Sekolahnya menerima sekitar 360 peserta didik, yang akan menempati empat jurusan.

“siswa yang kami terima tahun ini target 360 siswa, dengan membuka empat jurusan yakni jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Agribisnis Tanaman dan Perkebunan, Akuntansi Keuangan dan Lembaga, dan menariknya tahun ini kami membuka satu jurusan baru yakni multimedia, tahun berikutnya insyaAllah menjadi lima jurusan,” ucap Pak Mul .

Pak Mul mengatakan, PPDB masih melalui sejumlah tahapan dan akan dibuka sekitar akhir Juni 2021. Sementara sebelum dibuka, kami mempersiapkan tim verifikasi yang nantinya bertugas memeriksa kelengkapan berkas, dan juga kami memyediakan jasa layanan bagi masyarakat atau orang tua siswa yg dikelola oleh BLU sekolah untuk memudahkan proses PPDB. Selain itu BLU Sekolah sebagai unit bisnis komersil bagi produk siswa untuk dijual ke publik.

“Kita berkaca dari permasalahan dari tahun kemaren, kami mempersiapkan semua ini agar PPDB tahun ini bisa lancar saat pendaftaran nantinya,” harap Pak Mul. Lap Ibrahim.

JANGAN LEWATKAN