Rapat Paripurna DPRD, Bupati Luwu Timur Melaporkan Pertanggungjawaban APBD TA.2020

Sinyaltajam.Lutim-Bupati Luwu Timur H. Budiman menghadiri rapat Paripurna DPRD dalam rangka penyerahan rancangan peraturan daerah dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2020. Senin 14/6/2021.

Rapat tersebut digelar diruang sidang DPRD Luwu timur, yang di pimpin langsung Wakil I DPRD Siddiq BM dan dihadiri beberapa anggota fraksi.

Bupati Budiman dalam kesempatan itu menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBD Ta.2020 yang Insya Allah akan di serahkan kepada anggota DPRD sesuai jadwal yang ditetapkan.

Menurut Budiman “Pada pemeriksaan tahun 2020 Kab.Luwu Timur satu-satunya Daerah di Sulawaesi selatan yang diperiksa oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) namun hal itu tidak mengurangi semangat untuk menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan oleh tim pemeriksa sehingga bisa meraih Opini WTP ,walaupn disadari betul bahwa kita masih dalam suasana pandemi covid-19,”ucapnya.

Bupati Budiman juga menyampaikan gambaran umum laporan pertanggung jawaban TA.2020.

“Target pendapatan daerah Kab.Luwu Timur sebesar 1.470.081.947.079,13 (Satu triliun,empat ratus tujuh puluh milyar,delapan puluh satu juta,sembilan ratus empat puluh tujuh ribu,tujuh puluh sembilan koma tiga belas rupiah) terealisasi sebesar 1.495.670.435.578,65 (satu triliun,empat ratus sembilan puluh lima milyar,enam ratus tujuh puluh juta,empat ratus tiga puluh lima ribu,lima ratus tujuh puluh delapan koma enam puluh lima rupiah,atau 101,74 %,” Tungkas Bupati.

Dia menambahkan bahwa Pendapatan asli daerah (PAD) target sebesar 288.386.464.026,13 (dua ratus delapan puluh delapan milyar, tiga ratus delapan puluh enam juta,empat ratus enam puluh empat ribu,dua puluh enam koma tiga belas rupiah,teralisasi sebesar 329.220.137.283,45 (tiga ratus dua puluh sembilan milyar,dua ratus dua puluh juta,seratus tiga puluh tujuh ribu,dua ratus delapan puluh tiga koma empat puluh lima rupiah,”Jelas budiman sambil menjelaskan lebih rinci lagi.

Setelah menjelaskan secara detail, bupati luwu Timur kembali menyampaikan
laporan pertanggung jawaban APBD TA.2020 akan diserahkan kepada anggota dewan yang terhormat untuk dibahas dan dimintakan persetujuan untuk selanjutnya ditetapkan menjadi peraturan Daerah.

“Dihadapan dewan yang terhormat saya berharap laporan petanggungjawaban ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Luwu timur kedepan,walaupun di akui bahwa dalam menjalankam pemerintahan berbagai kendala dihadapi karena adanya keterbatasan kelemahan dan kekurangan yang implikasinya mempengaruhi kualitas kerja aparat sebagai pelayan masyarakat,”Tandas Budiman.

Budiman kembali menambahkan, “Walaupun kendala ini belum bisa diatasi secara maksimal namun saya tetap menaruh harapan besar kepada seluruh anggota DPRD yang terhormat khususnya dan seluruh pihak yang mendukung agar aparat pemerintah dapat melaksanakan fungsi dan tugas pelayanan yang baik akuntabel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan semoga niat dan itiqad baik kita mendapatkan hidayah dari Allah SWT.sehingga kita semua tetap diberikan kesehatan dan kekuatan lahir batin dalam menjalankan tugas dan pengabdian terhadap bangsa dan negara terkhusus daerah Kab.Luwu Timur yang kita cintai bersama, Aamiin,”Harapnya. Lap Herman.

JANGAN LEWATKAN