DP2KB Lutim Lakukan Penyuluhan di Balantang Musakkir Ucapkan Alhamdulillah

Sinyaltajam, Lutim- DP2KB kabupaten Luwu Timur lakukan penyuluhan keluarga berencana (KB) di aula kantor desa Balantang kecamatan Malili.Rabu 16 Juni 2021. Pukul’ 10.00.wita.

Penyuluhan tersebut dalam rangka memberikan pemahaman tentang KB ke masyarakat desa Balantang, khususnya pasangan suami istri (Pasutri) yang selama ini masih banyak menggunakan alat kontrasepsi seperti Pil dan kondom.

“Karena selama ini, kata Hamsan masih banyak pasangan suami istri yang menggunakan alat kontrasepsi seperti pil kondom. Dan itu masih rawan kehamilan yang tidak kita inginkan,” Ujarnya.

Menurut dia, Intinya dari KB itu idealnya dua anak sehat, tapi gak ada paksaan, dan boleh punya anak berapa saja mereka mau tapi atur jarak kelahirannya yaitu tiga sampai lima tahun baru punya adik itu lebih baik. Karena kasihan sianak masih mengharapkan dan membutuhkan kasih sayang dari orang tua.

“Jadi selain penyuluhan KB kami juga mensosialisasikan masalah pendewasaan tentang perkawinan, dalam rangka menuntaskan masalah pernikahan dini,” Ujarnya.

Di tempat yang sama kepala desa Balantang Musakkir Laiming menuturkan bahwa kegiatan penyuluhan keluarga berencana ( KB ) tersebut, itu di lakukan sekali dalam setahun.

“Alhamdulillah hari ini tim DP2KB Kabupaten Luwu Timur melakukan penyuluhan KB, dengan menghadirkan beberapa kader desa sehat ,tokoh masyarakat, termasuk pemerintah desa itu juga hadir,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini kata Musakkir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan KB. Dan juga tentang masalah remaja yang harus jaga diri, biar terhindar dari sex bebas, kemudian tentang orang tua bagaimana punya peranan untuk merawat anak – anaknya.

“Jadi kami sebagai pemerintah desa bekerjasama dengan DP2KB untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat dapat terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. Serta melakukan kegiatan penyuluhan KB untuk memberikan pemahaman serta pelayanan kesehatan ke masyarakat,” pungkas Musakkir. Lap Masding.

JANGAN LEWATKAN