Dinas Kehutanan Luwu Timur Sosialisasi LPHD di Desa Tawakua

SINYAL TAJAM.LUTIM – Dalam rangka pemanfaatan potensi Hutan Desa (HD) di Desa tawakua kecamatan Angkona kabupaten Luwu Timur. Dinas Kehutanan melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait pengelolaan LP-HD yang sudah dapat izin dari Kemenhut. Senin 21/06/2021

Sosialisasi berlangsung di aula kantor desa Tawakua pukul 09.30 sampai selesai yang dihadiri oleh Kepala Desa Tawakua dan aparatnya,BPD,Kadus,RT dan sejumlah Tokoh masyarakat.Dan kegiatannya di pimpin oleh Pendamping LP-HD Tulus.

Tulus dalam penyampaiannya mengatakan “Untuk hutan Desa yang ada di Desa Tawakua ini, ada sekitar 1205 ha yang mendapatkan izin dari perhutanan sosial pusat untuk bisa dimanfaatkan oleh warga dengan tujuan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan,”ucapnya.

“Dan program ini disebut program budidaya tanaman sesuai tanaman apa yang di usulkan masyarakat dan kelompok yang sudah dibentuk, kemudian di usulkan ke dinas kehutanan,dan paling tidak masyarakat punya aspek legal untuk bisa budidaya tanaman di lokasi hutan tersebut”.

“Disini juga perlu saya perjelas bahwa izin dari pengelolaan hutan desa ini diberikan selama 35 tahun dan bukan menjadi hak milik tapi semata-mata hanya untuk dikelolah warga untuk kesejahteraan masyarakat, dan ini juga perlu jelas lokasinya,jadi kegiatan kedepan kita akan lakukan penandaan batasnya apakah batasnya betul 1205 hektar,” Tutur Tulus.

Lap.Hr/Ms

JANGAN LEWATKAN