Bupati Budiman Buka Pelatihan Akademi Teknik Di Nuha

SINYAL TAJAM. LUTIM – Bupati Luwu Timur H.Budiman secara resmi membuka akademi pelatihan teknik yang dilaksanakan di aula kantor Camat Nuha Sorowako Kamis 22 Juni 2021.

Dalam kesempatan itu H. Budiman mengatakan, bersyukur karena dengan berlanjutnya kegiatan pelatihan akademi Teknik ini, dan ini bisa memberikan ruang bagi generasi muda kita kedepannya untuk mencari kerja.

“Karena berdasarkan laporan kemarin bahwa sudah 90% yang bekerja. Dan kami pemerintah Daerah bersama PT. Vale, mendukung untuk memberikan ruang kepada kita-kita mengikuti pelatihan akademi teknik Sorowako (ATS),” ujar Budiman.

Menurut Budiman, tidak semua orang berpeluang untuk mendapatkan kesempatan ini. dimana generasi muda Luwu timur berjumlah 125.000 orang dan yang diterima dalam pelatihan ini hanya 30 orang. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan generasi kita mulai dari sekarang.

“Melalui kerjasama dengan lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang diakui oleh negara dan itu tidak diragukan lagi untuk digunakan mencari kerja,” kata Budiman.

Dalam kesempatan itu juga Direktur ATS Harjuma, S.T., M.T. dalam kegiatan pembukaan pelatihan teknik yang diselenggarakan di aula kantor Camat Nuha (Sorowako) mengatakan, bahwa pelaksanaan pelatihan yang akan di mulai pada senin 26 Juli 2021.

“Pelatihannya akan dilaksanakan selama 3 bulan atau 12 minggu pelatihan, kali ini akan diikuti oleh 30 peserta dari 11 kecamatan di kabupaten Luwu Timur,” ucapnya.

Menurutnya dalam kesempatan tersebut peserta dengan masing-masing jurusan yaitu 3 orang jurusan fabrikasi dan pengelasan logam, 13 orang jurusan perawatan sejumlah 8 orang jurusan pengoperasian komputer dan desain gambar sejumlah 9 orang.

“Jadi pembelajarannya akan dilakukan dengan tiga tahap yaitu 3 minggu pertama akan diberikan pembekalan teori dasar, 8 Minggu selanjutnya adalah kerja praktik dan 1 minggu terakhir adalah uji kompetensi sebagai persyaratan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi setelah mengikuti pelatihan ini, setiap peserta akan mendapatkan 2 sertifikat yaitu sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi dengan logo Garuda yang dikeluarkan oleh BNSP melalui LSP,” tuturnya.

Pada kesempatan itu dia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Luwu Timur khususnya kepada dinas transmigrasi dan tenaga kerja dan perindustrian atas kerjasamanya selama ini yang telah berlangsung semenjak tahun 2008 sesuai dengan data.

“Alhamdulillah pelatihan ini terus berlanjut berkesinambungan, selama 12 tahun dan telah melahirkan 626 alumni dari 11 kecamatan di kabupaten Luwu Timur, dan kami berharap kerjasama ini bisa terus berlanjut di masa-masa yang akan datang sehingga bisa terus melahirkan tenaga-tenaga terampil yang dapat berperan aktif dalam mendukung program pemerintah terutama dalam mewujudkan visi-misi kepala Daerah kabupaten Luwu Timur yang berkelanjutan dan lebih maju nilai agama dan budaya,” Tuturnya.

Kepada para peserta pertama-tama kami ingin mengucapkan selamat kepada anda yang telah lolos seleksi untuk menjadi peserta pelatihan kali ini, sesuai dengan jurusan masing-masing tetapi anda juga diharapkan memiliki perilaku yang baik dan disiplin karena kami sangat yakin bahwa di luar sana baik itu masyarakat umum maupun masyarakat industri sangat membutuhkan orang-orang yang disiplin untuk mendukung organisasi mereka. Dan saya sangat yakin dengan niat dan semangat anda yang baik insya Allah itu semua bisa didapatkan setelah sudah mengikuti pelatihan di akademi teknik Sorowako,” tuturnya.

Ditempat yang sama Aini endis endrika, Kadis tenaga kerja dan perindustrian dalam sambutan mengatakan, bahwa program kerja sama antara pemerintah daerah Luwu timur dengan Akademi tehnik Sorowako tentang pelaksanaan pendidikan dan pelatihan itu sejak tahun 2008 sampai sekarang dianggap berhasil di angka 90% siswa yang sudah melaksanakan pendidikan dan pelatihan di ATS Sorowako berhasil dalam mendapatkan pekerjaan.

“Hanya saja di 2020 tahun lalu, kegiatan pendidikan dan pelatihan tidak ada dilaksanakan karena mengalami repocusing anggaran disebabkan kita dilanda pandemi covid-19,” tuturnya.

Namun di 2021 ini kata dia, kita laksanakan lagi, tetapi jumlah peserta terbatas dan dikurangi karena keterbatasan anggaran.

“Dengan hadirnya Anggota DPRD Luwu Timur Arifin, disini kita berharap ada penambahan anggaran kegiatan pelatihan ini,”tutupnya.

Diakhir kegiatan di rangkaikan dengan penyerahan perlengkapan pelatihan secara simbolis kepada peserta pendidikan yang di saksikan oleh Drs.H. Budiman. Bupati Luwu timur,Aini endis endrika, Kadis tenaga kerja dan perindustrian,
Harjuma, Direktur Akademi Tehnik Sorowako,Arifin,DPRD Kab.Luwu timur, Aswan Asis, Camat Nuha, dan tamu undangan lainnya. Lap Tim.

JANGAN LEWATKAN