Kadis PMD Lutim, Verifikasi Ijazah Bakal Calon Desa Wajib Hukumnya

SINYAL TAJAM. LUTIM-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Luwu Timur gelar kegiatan Sosialisasi persiapan pelaksanaan Pilkades serentak di aula kantor DPMD Rabu 28 Juni 2021.Yang di hadiri beberapa OPD.

Halsen kadis PMD yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, bahwa rapat tersebut terkait pembahasan dan penyusunan tahapan persiapan pemilahan kepala desa serentak 2021 di kabupaten Luwu Timur.

“Jadi di dalam rapat disepakati oleh teman-teman mulai dari tahapan, itu diakhir bulan Juli ini, kemudian nanti proses pemilihannya di akhir Oktober,” ujarnya.

Menurut Halsen adapun proses pemilihan itu ada tahapan-tahapan mulai dari daftar calon, sertifikasi berkas, kemudian pendataan pemilih.

“Ada sekitar 35 tahapan, mulai dari pembentukan panitia kabupaten, pembentukan panitia di masing-masing desa sampai dengan sosialisasi tentang aturan aturan Pilkades,” tambah Halsen.

Selain itu kata Halsen, ada juga tahapan, mulai dari pengumuman pendaftaran bakal calon sampai pada proses pelantikan kades terpilih,.

Adapun Jumlah desa yang akan melaksanakan pilkades sebanyak 62 Desa se Luwu timur. Pengumuman pendaftaran tanggal 19 s.d 21 Agustus serta tahapan pendaftaran 10 hari dari tanggal 21 sampai 30 Agustus. Dan setelah itu kita akan minta hasil rekapan verifikasi serta validasi data terkait dengan masing-masing bakal calon.

”Kami juga meminta ke Dinas pendidikan dengan kesediaannya untuk menyampaikan ke panitia nantinya bakal calon mana yang sudah melakukan verifikasi ijazah dan ini wajib hukumnya verifikasi melalui dinas pendidikan nanti kita bandingkan data bakal calon yang ada di desa untuk menghindari penggunaan ijazah palsu,” tegasnya

Sekedar diketahui Rencana Pilkades serentak di Kabupaten Luwu timur akan di gelar pada akhir Bulan Oktober. Lap Tim

JANGAN LEWATKAN