Latsar Prajabatan CPNS di Lutim Berakhir, Ini Harapan Bupati Budiman

LUTIM,sinyaltajam.com – Sebanyak 110 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kabupaten Luwu Timur yang telah mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar CPNS) pada 3 Juni hingga 28 Juli 2021, telah berakhir dan ditutup secara resmi oleh Bupati Lutim H.Budiman di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Rabu (04/08).

Budiman dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 110 CPNS peserta Latsar Prajabatan yang telah dinyatakan lulus 100 persen. Ia mengingatkan bahwa Latsar ini merupakan modal awal mengembangkan kompetensi, membentuk karakter yang lebih baik, menjaga sikap serta perilaku disiplin dalam bekerja, mampu berinovasi serta mampu berkontribusi membangun Luwu Timur yang berkelanjutan dan lebih maju.

“Dan kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan beserta jajarannya dan para Widyaiswara selaku narasumber, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan kerjasamanya,” ujar Budiman.

Menurut Bupati, setiap CPNS wajib menjalani masa prajabatan berdasarkan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pelatihan Dasar CPNS. Perubahan Diklat Pra Jabatan menjadi Pelatihan Dasar bukan hanya perubahan nama saja, tetapi lebih kepada perubahan mindset PNS dalam memahami nilai-nilai dasar PNS atau ASN.

Latsar ini, kata Bupati, harus lebih mengutamakan hasil dan manfaat, bukan sekedar memenuhi syarat administrasi untuk bisa diangkat menjadi PNS. Hal itu mengingat Latsar CPNS dilakukan untuk mengubah pola perilaku dan mindset peserta Latsar, agar mampu menjadi pelayan publik yang profesional ketika kembali ke dunia kerja nantinya.

“Jangan biasakan larut berada di zona nyaman. ASN kedepan harus berpikir logis, kritis, inovatif, dan terus mengembangkan diri berdasarkan semangat nasionalisme dalam menghadapi tantangan global serta revolusi industri 4.0,” pesan Budiman.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat, Saya tunggu kiprah dan peran saudara-saudara semua untuk kita bekerjasama mewujudkan pembangunan daerah sesuai visi misi Pemerintah daerah,” pungkas Budiman.

Penutupan tersebut ditandai dengan pelepasan kartu peserta oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman, didampingi Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli dan Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lutim, Kamal Rasyid, yang turut disaksikan Asisten Administrasi Umum Setdakab Luwu Timur, Askar, Kepala OPD, perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur, dan Camat.

Kegiatan tersebut juga diikuti secara virtual oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Asri Syahrun Said dan sebagian peserta Pelatihan Prajabatan Pemkab Luwu Timur yang tengah menjalani isolasi mandiri.

[tim]

JANGAN LEWATKAN