Mediasi Pembebasan Lahan Old Cam PT Vale, Budiman Berharap Penyelesaian Tanpa Konflik Sosial

MALILI,sinyaltajam.com – Bupati Luwu Timur,H.Budiman menggelar rapat pembahasan penyelesaian lahan perumahan Old Cam milik PT Vale Indonesia TBK yang akan diberikan kepada masyarakat Sorowako, khususnya Kerukunan Wawenia Asli Soroako (KWAS) , Jum’at (06/08).

Rapat yang digelar di ruang kerja Bupati tersebut turut dihadiri Dohri Ashari (Asisten I), Agus Putri (SGM Internal PT Vale), Yusri (GM Internal PT Vale), Guntur Hafid (Kakan Kesbangpol Lutim), Indriani Pustikawati (Kepala BPN Lutim), Aswan Asis (Camat Nuha), Lukman (Kasubag Pemerintahan) dan Reynal (Kasi DPKPP).

Dalam arahannya, Budiman meminta kepada PT Vale agar melakukan pendekatan kepada masyarakat sehingga tidak terjadi kesenjangan antara masyarakat.

Atas nama pemerintah daerah, saya meminta jangan ada kesenjangan di antara masyarakat dan saya tidak menginginkan adanya konflik sosial yang terjadi di masyarakat Sorowako. Jika pembebasan lahan telah selesai,maka segera menerbitkan sertifikatnya,” tegas Budiman.

Dirinya menambahkan, bahwasanya Pemda Lutim tidak mempermasalahkan terkait lahan tersebut dan berterima kasih kepada manajemen PT Vale Indonesia.

Segera bentuk Tim Pengawasan dan buatkan SK. Pemda berterimakasih kepada PT Vale dengan harapan tidak ada permasalahan antara masyarakat Sorowako dan PT Vale,” harapnya.

Bupati Lutim itu pun kemudian menyepakati pembebasan lahan yang berlokasi di Old Cam dan meminta Asisten I bersama Camat Nuha untuk melakukan pemantauan terkait proses penyelesaian pembebasan lahan dan juga meminta kepada PT Vale Indonesia untuk memfasilitasi permasalahan yang ada di internal KWAS

(Reportase : Kisman/Mar/Tim)

JANGAN LEWATKAN