Miris dan memprihatinkan Lima Desa di Lutim Krisis jaringan seluler

LUTIM. SINYALTAJAM.COM – H. Usman Sadik,S.Sos, Wakil ketua II DPRD Luwu timur yang didampingi Najamuddin dari Komisi III DPRD Fraksi Golkar memimpin rapat dengar pendapat bersama Komisi III dengan mitra Komisi dari dinas transmigrasi tenaga kerja dan industri, dinas Kominfo, dinas PKPP, dinas PUPR, juga menghadirkan Kepala PLN Cabang Malili Kurnia Aji.T. Rabu, (15/09/21).

Rapat dengar pendapat Komisi III DPRD dengan mitra Komisi yang digelar diruang rapat komisi, membahas terkait penempatan penghuni rumah transmigrasi SP 5 desa mahalona Kecamatan Towuti dan krisis jaringan seluler dan jaringan internet terhadap lima desa di Kecamatan Towuti.

Diketahui bahwa ada lima desa mengalami krisis jaringan seluler dan jaringan internet bahkan hampir tidak terjangkau layanan komunikasi data seluler yang mengakibatkan masyarakat mengalami kesulitan komonikasi. adapun ke lima desa tersebut yaitu Desa Masiku, Desa Rante angin, Desa Loheha, Desa Bantilang dan Desa Lambatu.

Yang paling memprihatinkan lagi yaitu anak-anak sekolah yang berada di lima desa mengalami krisis jaringan internet dalam proses pembelajaran daring secara online harus naik ke bukit tertinggi dan berjalan kaki berkilo kilo meter. Dan jika diliat anak sekolah tersebut sangat miris dan benar perlu mencari solusi bagaimana cara agar jaringan seluler bisa hadir dan masuk ke desa tersebut.

Menurut H.Usman sadik bahwa rapat dengar pendapat ini ada dua hal penting yang perlu dibahas bersama dinas Kominfo dan PLN juga dinas transnakerin. terkait hasil konsultasi dengan pihak PT. Telkom serta dari hasil kunjungan kelapangan ke lima desa yang berada di sebrang danau yang mengalami krisis jaringan seluler.

Usman sadik mengungkapkan bahwa Pihak PT. Telkom telah menyampaikan solusi bagaimana jaringan seluler bisa sampai dan masuk ke Desa masiku dan empat desa lainnya dengan menggunakan kabel tetapi terkendala bahwa pihak Telkom tidak dapat melakukan itu tanpa ada ijin dari pihak PLN.

” Pihak PLN cabang Malili melalui kepala Cabang bersedia melakukan komunikasi dengan pimpinanannya dimakssar “ungkap Usman sadik.

Dia bersama teman- teman DPRD Komisi III akan melakukan koordinasi dengan pimpinan PLN juga Pihak PT. Telkom untuk segera menghadirkan jaringan komunikasi di lima desa yang ada di sebrang danau,” ujar Usman Sadik.

” Desa Masiku dan Empat desa lainnya harus terjangkau jaringan seluler dan jaringan internet karena masyarakat sangat membutuhkan terutama bagi anak sekolah yang melakukan proses belajar online,” tegas Usman Sadik.

Usman Sadik pun menambahkan, mengenai pembangunan rumah transmigrasi di mahalona yang dibangun tahun 2020 sampai sekarang belum ada penghuninya dan kepada calon penghuni lokal sebanyak 23 KK akan diupayakan rencana pada bulan Nopember sudah masuk diperumahan transmigrasi tersebut.

Bupati sudah menyurat ke kementrian transmigrasi bahwa bila calon penghuni lokal yang 23 KK yang berasal dari luar belum bisa datang untuk menepati perumahan transmigrasi itu maka akan diberikan kepada penduduk lokal mengingat perumahan tersebut bila tidak ditinggali nantinya akan rusak.” Jelas Wakil Ketua II DPRD Usman Sadik.

Di tempat yang sama, Najamuddin dari Komisi III DPRD fraksi Golkar menyampaikan bahwa hampir semua wilayah pedesaan yang ada di Luwu timur terjangkau oleh jaringan seluler dan dapat diakses jaringan internet, tetapi lima desa yang ada di sebrang danau krisis jaringan dan miris mendengarnya.

Tambah Najamuddin, bahwa akan mengupayakan bagi desa yang tidak terjangkau jaringan agar semua bisa terakses sampai kepelosok Luwu timur dan dari hasil rapat ini saya akan berangkat kemakassar bersama Kepala PLN cabang Malili membawa aspirasi masyarakat untuk bertemu Pimpinannya.

” Saya akan melakukan negosiasi dan koordinasi supaya kabel Telkom dapat terpasang di tiang PLN meskipun itu sifatnya sementara atau numpang pakai yang penting masyarakat di Desa masiku dan Empat Desa lainnya segera menikmati jaringan seluler dan internet.” Tegas Najamuddin.

Rapat tersebut juga dihadiri Efraim ST.MM Fraksi PDIP, Alpian Fraksi Hanura, Kurnia Aji.T Kepala PLN Rayon Luwu timur, Haerul saleh dari Distransnakerin, Arief Fadillah Amier dari Diskominfo Luwu timur. (Jo”in).

JANGAN LEWATKAN