Tumpahan Sulfur di Pulau Mori Aman Tidak Ada Pencemaran

LuwuTimur, Sinyaltajam.Com – Hasil pemeriksaan atau uji laboratorium PT Sucofindo tidak ada pencemaran dari tumpahan sulfur di Pulau Mori.

Hal itu di katakan Bayu Aji, Manager Communication PT Vale Indonesia, Tbk. Senin (27/09).

“Dari hasil yang diterima PT. Vale Indonesia Tbk, Sulfur yang tumpah di Pulau Mori beberapa waktu lalu dinyatakan tidak ada pencemaran,”ujar Bayu.

Itu berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium PT.Sucofindo dan menyertakan sample tanah dan air yang diambil 3 titik di Pulau Mori bersama DLH.

“Semua parameter analisa air juga berada dibawah standard baku mutu terkait dengan temuan sulfur di Pulau Mori menurut PP 22 Tahun 2021,”tuturnya.

Menurutnya, pada 20 September 2021 PT Vale Indonesia Tbk telah menerima hasil pemeriksaan laboratorium dari PT Sucofindo dengan menyertakan sample tanah di 3 (tiga) titik pengambilan dan 1 (satu) sample air di Pulau Mori yang dilakukan bersama – sama dengan DLH Luwu Timur.

“Jadi hasil uji laboratorium untuk sample tanah dilakukan dengan metode TCLP (Uji Pelindian Logam Berat). Dari hasil uji laboratorium tersebut, seluruh parameter berada dibawah standard baku terkait dengan temuan sulfur di Pulau Mori menurut PP 22 Tahun 2021,”tuturnya.

Hal itu dikuatkan dengan diterbitkannya sertifikat oleh PT Sucofindo nomor (No. 08269/CODBAO, No. 08265/CODBAO, No. 08266/CODBAO, No. 08267/CODBAO, No. 08268/CODBAO). (No. 08263/CODBAO).

Berdasarkan hasil diatas menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya dugaan pencemaran sulfur di Pulau Mori. Lap Tim.

JANGAN LEWATKAN