Siap-siap Semua Sekolah SD dan SMP Menghadapi Verifikasi Lapangan dari Pusat

Lutim. Sinyaltajam.com – Kadis Pendidikan Kabupaten Luwu Timur, Drs. Labesse, meminta kesiapan semua sekolah, SD dan SMP agar bersiap menghadapi verifikasi lapangan “kabupaten sehat” oleh tim verifikasi pusat minggu depan.

“Jadi semua sekolah harus mempersiapkan diri dikunjungi oleh tim verifikasi dengan memastikan semua lingkungan sekolahnya dalam kondisi bersih dan sehat, termasuk semua sarana dan prasarana terkait pandemi covid 19 dan itu dipastikan lengkap dan berfungsi dengan baik,”ucapnya saat rapat koordinasi di SDN 175 Kawarasan  Kecamatan Tomoni LuwuTimur.  jumat  01/10/2021.

Dia juga mengatakan, untuk Persiapan Asesmen Nasional Berbasis Computer (ANBK) yang Insyaallah minggu depan akan dilakukan pada tingkat SMP.

“Saya minta para kepala sekolah mensosialisasikan kegiatan tersebut, terutama kepada orang tua murid, karena ANBK tidak sama UNBK, jika UNBK yang dievaluasi adalah hasil belajar siswa, sehingga hasilnya adalah berupa nilai ujian beberapa mata pelajaran yang UNBK,”tambahnya.

Sementara ANBK yang di assesmen adalah sekolah, dan pesertanya hanya perwakilan dari siswa kelas 2 SMP (sebanyak 45 orang) dan kelas 5 SD (sebanyak 35 orang) yang ditentukan secara acak oleh kementerian Dikbud.

“Adapun tujuannya untuk mendapat informasi tentang kondisi awal tiap sekolah sebagai bahan pemerintah untuk menentukan kebijakan dan intervensi pada masing-masing sekolah,”tuturnya.

Dia juga menjelaskan bahwa Program Sekolah Penggerak (PSP). Luwu Timur termasuk dari 12 kabupaten /kota di Sulawesi Selatan yang terpilih sebagai penyelenggara PSP tahun 2021.

“Sekarang proses pendaftaran oleh masing-masing sekolah secara online ke pusat, adapun sekolah yang terpilih nantinya itu akan mendapatkan pendampingan dari pusat selama 4 tahun, dan tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja sekolah. Program Sekolah Penggerak, ini adalah bagian dari agenda Merdeka Belajar Kementerian Dikbud,” tutupnya. Lap Tim

JANGAN LEWATKAN