Peringatan ! Truk Pemuat Material Pasir dan Semen Wajib Tahu ini

Malili. Sinyaltajam.ComPeringatan ! bagi Truk yang mengangkut material yang melintas di jalan umum di wajibkan menutup muatannya pakai terpal karena bisa kena tilang.

Hal itu sudah diatur dalam pasal 307 undang-undang Lalulintas dan juga diatur dalam peraturan daerah (Perda) Larangan alat angkut.

“Jika ditemukan truk pengangkut material tidak menutup muatannya pakai terpal maka bisa dilakukan penilangan sesuai pasal 307 terkait pemuatan,”ujar Kasat lantas Luwu Timur Iptu. Siswaji. S. Sos, yang didampingi Aipda Abd. Samad saat kopi bareng bersama jurnalis Lutim di warkop punggawa desa Baruga kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Minggu (03/10).

Menurutnya, karena debu pengangkut material tersebut itu membahayakan dan bisa mengganggu pengguna jalan lain sehingga diwajibkan para sopir menutup material yang dimuatnya.

“Memang tidak ada larangan kendaraan pemuat material menggunakan jalan umum namun tapi perlu mengantisipasi tumpahan atau berhamburannya material yang menggangu penggunaan jalan lainnya,” tambahnya.

Selain truk pemuat material  kata dia, alat angkut alat berat juga dilarang melintas dijalur umum tanpa pengawalan Patwal.

“Bagi alat pemuat alat berat melewati jalan umum juga ada aturannya. Seperti yang diatur dalam pasal 162 ayat 2 UU LLAJ kendaraan bermotor umum mengakut dengan melebihi dimensi yang ditetapkan dalam pasal 19 UU LLAJ harus mendapat pengawalan kepolisian republik Indonesia,” jelasnya. Lap Tim

JANGAN LEWATKAN