Pabrik kelapa sawit PT. Mandiri Palmera Agrindo resmi beroperasi di Luwu timur

LUTIM.SINYALTAJAM.COM- PT. Mandiri Palmera Agrindo Pabrik minyak kelapa sawit resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Bupati Luwu timur H.Budiman di Desa Asana Kecamatan Burau Selasa, (12/10/21).Acara peresmian ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan pengguntingan pita diarea pabrik oleh Bupati didampingi direktur operasional PT. Mandiri Palmera Agrindo Dwi Aji Manuhara dan disaksikan seluruh tamu undangan yang hadir.

Direktur operasional PT.Mandiri Palmera Agrindo Dwi Aji Manuhara mengucapkan terima kasih Kepada seluruh pihak yang terkait terutama kepada pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan khususnya kepada Bupati sehingga proses pembangunan pabrik PT. Mandiri Palmera Agrindo bisa berjalan dengan lancar dan hari ini diresmikan langsung oleh  Bupati Luwu timur.

Menurut Dwi Aji Manuhara, pabrik ini dibangun dengan misi untuk menjadi buah yang bermanfaat buat masyarakat dan pastinya memberdayakan masyarakat sekitar, yaitu pemberdayaan warga dari delapan Desa sebagai tenaga kerja lokal untuk bekerja di Pabrik PT. Mandiri Palmera Agrindo.Dan ini akan dilakukan secara bertahap sambil berjalan karena pabrik ini baru akan memulai untuk produksi.

” Misi kita yang utama bagaimana perusahaan ini menjadi buah yang bermanfaat untuk masyarakat sudah tentu untuk memberdayakan masyarakat sekitar,” Ujar Dwi Aji Manuhara.

Aji pun menambahkan bahwa selama ini kelapa sawit itu harga TBS nya dibawah standar, tapi dengan keberadaan pabrik kelapa sawit memastikan suplay TBS dapat dibeli dengan harga yang pantas dan petani diuntungkan dan itulah yang akan dirasakan oleh para petani sekitar. jadi harapan kita adanya pabrik PT. Mandiri Palmera Agrindo terkait dengan misi untuk menjadi buah yang bermanfaat untuk masyarakat dan visi kita juga kedepannya yaitu membangun sarana industri.

” Disini juga Kedepannya visi kita adalah membangun sarana industri dari apa kita dapat yaitu dari masing-masing komuditi yang ada di Luwu timur salah satunya adalah padi. Jadi kalo kita bisnis sawit bukan sawitnya saja yang kita fikirkan tapi juga komuditas terbesarnya juga yang harus kita fikirkan,” tutur Dwi Aji.

Lanjut Dwi Aji Manuhara bahwa dalam kesehariannya pabrik ini memiliki kapasitas produksi 45 ton per jam dan menggunakan teknologi sterilisasi vertikal sehingga lebih Compact, efektif dan efisien untuk teknologi Geo membran kita gunakan untuk limbah. Sebab permasalahan soal limbah terkadang menjadi isu di masyarakat, tetapi komitmen kami akan sangat memperhatikan lingkungan sekitar.

” Jadi soal limbah memang terkadang menjadi isu kita tapi tetap kita akan perhatikan lingkungan sekitar, oleh itu kita berinvestasi tinggi melengkapi kolam limbah kita dengan geo membran untuk mencegah terjadinya rembesan dan kebocoran pada limbah,” tegas Dwi Aji Manuhara.

Melihat potensi rutinitas Sambung Dwi Aji selain perkebunan adalah pertanian yaitu padi, padi menjadi salah satu komoditas yang memegang peranan penting maka kami juga membuat program solusi peningkatan hasil panen dari system methodology tanam pendampingan oleh ahli pemupukan dan nutrisi dari tiga varietas pupuk yang digunakan program ini nantinya dengan membuat demplot,” Ungkapnya.

Bupati Luwu timur H.Budiman mengungkapkan apresiasinya kepada management PT. Mandiri Palmera Agrindo (MPA) yang telah berupaya dan berbuat menanamkan investasinya di kabupaten Luwu timur. Saya yakin keputusan memilih Bumi Batara Guru adalah keputusan yang tepat.

” Dengan memohon Rahmat dan Ridho Allah SWT serta perkenan kita semua , Pabrik Kelapa Sawit PT. MANDIRI PALMERA AGRINDO Saya nyatakan Resmi Beroperasi,” Tutup Bupati Luwu timur.

Acara peresmian pabrik minyak kelapa sawit PT. Mandiri Palmera Agrindo juga dihadiri, Kabag Ops Polres Luwu timur, Danramil 1403-13/Wotu, Kadis DLH Luwu timur, Kadis PUPR Luwu timur, Kadis Pertanian Luwu timur, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Luwu timur, Camat Burau,Camat Wotu, Kepala Desa Asana, tokoh agama dan tokoh Masyarakat.

Lap.Tim

JANGAN LEWATKAN