Deklarasi Pengukuhan Rumpun Keluarga Parenge Kandeapi Rante Balla

PALOPO . Sinyaltajam.Com – Deklarasi pengukuhan rumpun keluarga Parenge Kandeapi Rante Balla dilaksanaan di kediamana Almarhum Puang Bajang di Jalan Ambe Nona, Kelurahan Amassangan, Kecamatan Wara, Kota Palopo.

Deklarasi pengukuhan ini dilaksanakan, Kamis 14 oktober 2021. Pada acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Latimojong Kabupaten Luwu, diantara tokoh masyarakat Nursyam Mustamin,SH.MH, Hemansyah, Opu Baso, Ir.Namsah B.Opu Pallao serta masyarakat Rante Balla yang masuk dalam bingkai kerukunan keluarga Parenge Kandeapi Rante Balla.

Seperti diketahui, bahwa Kaparengesan yang ada di Rante Ballla, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu itu terdapat empat(4) Kaparengsan diantaranya Parenge Kandeapi, Parenge Lemo,Parenge Ke’pe dan Parenge Sikapa.

Pada pemilihan Parenge dalam acara ini menunjuk Drs.Daud Bajang putra dari Almarhum Puang Bajang sebagai Parenge Kandeapi.

Diselah pertemuan keluarga, Nusyam Mustamin tokoh masyarakat Latimojong juga mantan anggota DPRD Luwu mengatakan, bahwa sistem adat dalam
Kaparengesan memang harus diduduki oleh orang yang memang secara turun temurun keluarga inilah yang menjadi Parenge.

“Jadi tidak sembarangan orang ditunjuk sebagai Parenge, harus turunan langsung dan memiliki loyalitas tinggi terhadap nilai adat istiadat yang ada dalam wilayahnya,” kata Nursyam Mustamin.

Sementara itu Ir.Namsah B.Opu Pallao mengatakan, bahwa hasil deklarasi sudah diketahui oleh Kedatuan secara lisan dan selanjutnya akan dilakukan pengukuhan selanjutnya akan dihadiri Datu Luwu.

“Sudah dilakukan komunikasi kepada Kedatuan untuk selanjutnya diberitahukan kepada pengurus Kedatuan Luwu. Semoga Datu Luwu nantinya Insha Allah ada waktu untuk hadir,” ungkap Namsyah B Opu Pallao.

Dalam acara tersebut salah seorang tokoh dari keluarga Latimojong, Hermansyah biasa disapa Anca menyebutkan, bahwa memang seharusnya yang menjadi Parenge Kadeapi karena memang merupakan turunan langsung dari Puang Bajang.

“Memang yang harus jadi Parenge Kandeapi itu turunan Puang Bajang, kerena ketiga Parenge di Rante Balla mencari turunan puang yang tepat menduduki posisi sebagai Parenge,” ungkapnya.#Risal/Red Jaya.

JANGAN LEWATKAN