Pilkades Serentak Luwu Timur Batal di Tunda,Begini Penjelasannya

Lutim. Sinyaltajam.com – Dari hasil rapat panitia Pilkades di aula kantor DPMD Kabupaten Luwu Timur yang menghadirkan beberapa pakar hukum dan lainnya, akhirnya pilkades serentak batal ditunda dan tetap dilaksanakan.

Pilkades serentak yang akan dihelat pada 02 November mendatang itu hanya akan diikuti 59 Desa, karena salah satu desa yang tidak di ikutkan pemilihan yaitu Desa Non Blok Kecamatan Kalaena lantaran hanya satu bakal Calon yang mengembalikan Formulir pendaftaran.

”Jadi ada beberapa poin pembahasan dalam rapat panitia yang kami laksanakan di aula kantor DPMD antara lain Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam aturan DPT tidak dapat diubah lagi kecuali meninggal dunia,” ujar Halsen. Kamis (21/10).

Menurut Halsen apabila 59 Desa ini juga ditunda secara otomatis DPT akan bertambah pemilih pemulanya . Karena pemilih pemula itu yakni berumur 17 tahun.

Oleh sebab itu kata Halsen Pilkades serentak ini tetap dilaksanakan berdasarkan pasal 24 Permendagri 112 tahun 2014, yang mengatur tentang perpanjangan waktu adalah Desa yang calonnya kurang dari 2, pasal tersebut tidak mengatur secara keseluruhan Desa harus ditunda.

“Apalagi setelah mendengar masukan dan saran peserta rapat, maka keputusannya Pilkades serentak tetap dilaksanakan pemungutan suara hanya untuk 59 Desa saja,”ucapnya.

Hadir dalam rapat panitia tersebut,Halsen Kadis PMD,Dohri As’ari,Hiswan Paki,Agus Melas Konsultan Hukum,Irman Koramil Malili,Hasan Kesbangpol,Oksen Bija Kadisdukcapil,Amran Akmal Kabag Hukum,Lukman Kasubag,dan Alamsyah.

Lap Tim

JANGAN LEWATKAN