Webinar Sahabat Guru, Bupati Luwu Timur Wakili Dewan Pengurus APKASI

Lutim. Sinyaltajam.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melaksanakan webinar pendidikan “Sahabat Guru” Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat yang berlangsung secara virtual dengan tema mewujudkan guru cakap bermedia digital, cakap numerasi dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global, Rabu (27/10/2021).

Webinar itu melibatkan Menteri Kominfo RI, Johnny G. Plate, Dewan Pengurus APKASI yang diwakili Bupati Luwu Timur, H. Budiman, Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga Bupati Dharmasraya, Prof. Ir. Drs. Djohan Yoga selaku pengembang inovasi pendidikan, Dr. Ariyadi Wijaya, Pakar Strategi Pembelajaran Matematika UNY dan Dr. Himmatul Hasanah, Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Inisiator Program Sahabat Guru.

Dewan Pengurus APKASI yang juga Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, dalam perspektif pendidikan, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital.

Oleh karena itu, APKASI sebagai mitra dan perpanjangan tangan Pemerintah, kata Budiman, dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi di era digital.

“Perlu kami informasikan kepada seluruh peserta bahwa selama 10 tahun terakhir APKASI dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga Pendidik di 180 daerah di Indonesia. Kami meyakini dengan sinergi ini akan mampu mempercepat pemerataan Pendidikan di tanah air,” jelasnya.

Lanjut Budiman, Sahabat Guru hadir memberikan ruang bagi Pemerintah untuk menyapa masyarakat khususnya para guru di Dharmasraya melalui berbagai program yang akan dipublikasikan. Media sahabat guru akan diberikan secara gratis untuk dapat diakses oleh seluruh guru di tanah air guna meningkatkan literasi dan mutu guru.

“Terakhir, kami sangat berharap bapak Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dapat terus aktif di organisasi Apkasi ini untuk dapat saling bertukar pengalaman dan saling bekerjasama untuk memajukan bangsa,” tandasnya. (hms/ikp)

JANGAN LEWATKAN