Tingkatkan Wawasan Aparatur dalam Pengelolaan Koperasi, Diskop Takalar Kunker di Kabupaten Luwu Timur

 

Lutim, Sinyaltajam.com–Asisten Perekenomian dan Pengembangan Infrastruktur, Senfry Oktvianus didampingi oleh Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Kab. Luwu Timur, Rosmiyati Alwi menerima kunjungan rombongan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kab. Takalar, Gazali, ST, M.AP di Aula Dinas Dagkop dan UKM Lutim, Kamis (04/11/2021).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melaksanakan studi peningkatan wawasan aparatur dalam pengelolaan koperasi khususnya karyawan dengan melihat dan mempelajari strategi pengelolaan koperasi karyawan PT. Vale Indonesia.

Asisten Perekonomian dan Pengembangan Infrastruktur, Senfry Oktvianus menyambut baik kunjungan tersebut dan berharap ada ole-ole (ilmu) yang dibawa kembali setelah melihat dari dekat cara pengelolaan koperasi karyawan PT. Vale Indonesia sehingga bisa diterapkan di daerah asal.

Sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pengembangan Infrastruktur memaparkan gambaran koperasi di Kabupaten Luwu Timur dan gambaran daerah yang berjuluk Bumi Batara Guru tersebut secara umum.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Takalar, Gazali mengucapkan terima kasih telah berkenan menerima kunjungan pihaknya. “Alasan kami memilih koperasi karyawan PT. Vale Indonesia di Luwu Timur sebagai lokus kunjungan karena kami menganggap koperasi Vale sebagai salah satu koperasi yang sukses dalam pengelolaan koperasi terutama koperasi karyawan, sukses dalam pengelolaan berbasis IT. Disamping itu, mendengar exotisme Luwu Timur membuat kami juga penasaran ingin melihat kabupaten ini lebih dekat lagi,” ujarnya menambahkan.

Setelah penerimaan, kunjungan dilanjutkan ke kantor Koperasi Karyawan Vale Indonesia (KKVI) di Sorowako Kecamatan Nuha yang diterima oleh Ketua Koperasi Vale Indonesia, Parawansah Lamude, didampingi semua pengurus koperasi di kantor koperasi yang terletak di pasar F Magani.

Disini, rombongan melihat secara langsung aktifitas di unit usaha pertokoan, serta melihat sistem IT koperasi yang sudah terkoneksi dengan system manajemen keuangan perusahaan. Setiap transaksi keuangan maupun pembelian barang pertokoan di koperasi, hanya melalui kartu yang sudah dilengkapi dengan chip dan kartu ini pun juga berfungsi sebagai kartu anggota koperasi.

Setelah berkunjung di kantor koperasi, kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling menjajal luasnya danau matano menggunakan rab external PT. Vale, melihat gua tengkorak serta objek wisata yang lagi viral di Luwu Timur Kampoeng Taipa dengan berswafoto di tempat tersebut. (ikp/kominfo)

JANGAN LEWATKAN