Dihadiri Kadis Pertanian Lutim, Pesta Panen Perdana Warga Karambua Hemat Gunakan Pupuk Organik NASA

 

Lutim, Sinyaltajam.com — PT. NATURAL NUSANTARA ( NASA ) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Karambua Kec.Wotu menggelar Kegiatan pesta panen perdana bertempat di pura perkumpulan Desa Karambua, Minggu ( 21/11).

Mualim mewakili Direktur PT NASA dalam sambutannya mengatakan, “Bahwa Produk NASA ini mulai di rancang sejak tahun 1985,dan pada Tahun 1996 kita sudah mulai menggunakan pupuk itu baik dari segi pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan di berbagai jenis lahan seluruh Indonesia,” ungkapnya.

“Saya hanya berharap dari hasil dokumentasi panen ini Pupuk NASA bisa menjadi tolak ukur pertimbangan untuk bisa digunakan masyarakat demi untuk kebaikan lingkungan kita juga ekosisten tana di lahan pertanian dan perkebunan kita,” kata Mualim.

Dia juga menjelaskan bahwa dengan adanya produk pupuk NASA tersebut minimal bisa mengurangi pemakaian pupuk kimia juga biaya para petani.

“Yang mana tadinya kita gunakan 100% pupuk kimia sekarang kita bisa hanya pakai 30 sampai 20% dan ini bisa menghemat pengeluaran petani kita,”Ucapnya.

“Kemudian tentang data-data hasil panen kita hari ini saya sudah percayakan pada bidang data statistik, target, hasil dan KOS nya,”

Selanjutnya perwakilan dari PT NASA,  Mualim juga berharap agar produk ini bisa jadi bahan refrensi diprogram-program Desa dan Pemerintahan bisa mengsupport baik dari bentuk perusahaan,kelompok agar kedepan NASA bisa membuktikan dengan hasil yang jauh lebih baik lagi.

Dalam kesempatan yang diberikan Kadis Pertanian, Amrullah manyampaikan, “hari ini kita sangat bersyukur karena DEMPLOT yang sudah di berikan oleh NASA sudah sampai pada panen perdana,” Ucapnya

“Dan pada kesempatan ini saya sampaikan kepada teman-teman NASA agar membuat dokumen aplikasi,setiap aplikasi ada datanya,karena apa,jangan nanti sudah mau panen baru buat data,sehingga kita bisa tahu,dan mudah-mudahan ini ada datanya,”Pinta Amrullah

“Jadi nanti ketika NASA buat Demplot supaya bisa di data secara bertahap, contoh pada Minggu pertama dan begitu seterusnya,agar kita bisa mudah mengetahui perkembangannya,” Imbuhnya.

Selanjutnya Kadis Pertanian berharap pada panen perdana hari ini bisa memberikan hasil yang lebih baik,dari sebelumnya menggunakan pupuk kimia dengan perbandingan pupuk NASA akan bisa lebih memuaskan, sebab menurut Amrullah bahwa hasil dari pengunaan pupuk organik ini akan lebih menguntungkan dari sisi berat timbangan dibandingkan menggunakan pupuk kimia. (*)

Laporan: Herman Jaya

JANGAN LEWATKAN