Sandi Uno Kagumi Potensi Wisata Desa Ara di Bulukumba

Bulukumba, Sinyaltajam.com —- Manteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, akhirnya berkunjung ke Desa Ara, Kamis 25 November 2021. Desa Ara di Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba ini merupakan salah satu desa di Indonesia yang masuk dalam 50 Desa Wisata yang ikut dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Kedatangan Sandi Uno disambut meriah warga desa yang sejak Senin 22 November 2021 menggelar Festival Budaya Ara. Sandiaga Uno yang didampingi Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf mengaku terkesan dan takjub dengan keindahan destinasi wisata Desa Ara seperti Tebing Apparalang. Sandi juga mengagumi keramahan warga desa terutama ibu-ibu yang antusias menggelar festival kuliner gratis untuk para tetamu yang hadir. 

Kepala Desa Ara, Dr H. Amiruddin memaparkan sejarah desa Ara dan potensi desa yang dipimpinnya di hadapan Sandiaga Uno. “Desa Ara adalah kampung tua yang sarat dengan potensi wisata dan budaya,” ujarnya. Selain itu, partisipasi warga dalam membangun desa dan mengembangkan desa wisata patut diapresiasi.

Semua elemen terlibat setiap kegiatan kepariwisataan yang digelar di desa ini. Termasuk pelibatan anak muda dan disabilitas.

Setelah mendengar pemaparan kepala desa, Sandi menegaskan perlunya Desa Ara memiliki pinisi sendiri. Selain untuk memberikan penguatan juga untuk menambah daya Tarik wisatawan untuk berkunjung di Desa Ara.

“Makanya kami diminta untuk segera memprogramkan itu dan Pak Sandi menjanjikan kementerian pariwisata akan membackup. Tentu peran serta Dinas Pariwisata Provinsi dan Bulukumba sangat dibutuhkan. Saya kira Pinisi akan jadi aset Desa Ara, jika pembuatannya segera direalisasikan,” katanya kepada RADAR SELATAN, Kamis 25 November 2021.

Pinisi ini nantinya akan dikonsep sebagai museum berjalan di mana seluruh peralatan pembuatan pinisi dan infomasi infomasi berkaitan dengan kesejarahan pinisi akan disimpan di atas pinisi. Pinisi ini nantinya juga bisa melayani trip ke beberapa titik atau spot wisata lainnya di Bulukumba.

“Bisa jadi PAD dan aset desa. Ini kita rencanakan akan mewujudkannya. Tentu support semua pihak dibutuhkan. Karena jika hanya ADD rasanya itu tidak memungkinkan, perlu support kementerian juga,” ujarnya.

Selain menikmati keindahan Tebing Apparalang, Sandiaga Uno juga berkunjung ke Pantai Mandala Ria dan meresmikan pembangunan pesantren terpanjang di Ara. “Pembangunan pesantren ini kita namakan 10.000 Pondok Pesantren. Setiap orang bisa berdonasi sepuluh ribu rupiah. Sehingga semua punya kesempatan untuk melakukan kebaikan, Konsep ini sangat menunjang Desa Ara sebagai wisata bernuansa religi,” tutupnya. (*)

JANGAN LEWATKAN