Sidang Paripurna DPRD: Fraksi PAN Menyetujui Ranperda Kabupaten Luwu Timur Tahun Anggaran 2022

 

Lutim, Sinyaltajam.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat paripurna terkait pendapat akhir anggota DPRD dari Fraksi Partai terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang anggaran pendapatan dan belanja Daerah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2022 dan Ranperda tentang pedoman pengakuan dan masyarakat hukum adat. Kamis (25/11)

Dalam kesempatan pertama yang diberikan Fraksi Partai Amanat Nasional ( PAN ) DPRD Andi Surono Saad sebagai juru bicara menyampaikan pendapat akhir partainya.

Menurutnya, “APBD mempunyai peran yang sangat strategis untuk mendukung aktifitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya untuk menunjang pelayanan publik dan implementasi berbagai macam regulasi dalam meningkatkan pembangunan di berbagai sektor juga untuk pemberdaayaan masyarakat. dan secara garis besar APBD merupakan instrumen teknis dan idealisme pembangunan yang ingin di wujudkan pemerintah daerah yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Ungkap Andi Surono.

Lanjut kata dia, “Bahwa adanya penyusunan APBD pada subtansinya adalah melakukan penyesuaian kondisi-kondisi terkini yang ada ditengah masyarakat secara makro maupun mikro sehingga dengannya secara tepat dapat memberikan manfaat dan solusi atas kebutuhan masyarakat Luwu Timur,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa prioritas APBD Luwu Timur tahun 2022 mengangkat tema “Peningkatan Daya Sains Daerah untuk mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi yang berkualitas”, sehingga berangkat dari tema inilah Fraksinya menyepakati Ranperda Kabupaten Luwu Timur, sehingga ini di yakini dan dianggap dapat mengembangkan Luwu timur berkelanjutan.

“Oleh karena itu Fraksi kami berpendapat bahwa pembahasan APBD tahun anggaran 2022 sebagai momentum strategis untuk melakukan chek dan ricek, memverifikasi, mensinkronisasi sekaligus merasionalisasi program dan kegiatan apa saja yang perlu pemantapan, untuk kemudian dijabarkan dalam KU-PPAS saat ini, dalam rangka penyempurnaan visi-misi,” kata Andi Surono.

Selanjutnya mewakili Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Andi Surono Saad menyampaikan apresiasi kepada Bupati Luwu Timur dan segenap eksekutif yang telah menyusun RAPBD tahun anggaran 2022 dengan baik.

“Semoga rencana dan pelaksanaan ini dapat direalisasikan tepat waktu dan mampu memberikan manfaat bagi kemakmuran masyarakat, baik dibidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan sesuai arah kebijakan RAPBD Tahun Anggran 2022 mendatang,” harapnya. (*)

Laporan: Herman Jaya

JANGAN LEWATKAN