Cegah Dini Stunting, TP-PKK Lutim Tingkatkan Aktivitas Posyandu Desa

 

Lutim, Sinyaltajam.com –Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman melantik ketua TP PKK Kecamatan Towuti, Haidar Saenal, S.Ag dan menyaksikan pelantikan 12 ketua TP PKK Desa di Gedung Serbaguna Kecamatan Towuti, Jumat (03/12/2021).

Pengambilan sumpah janji Ketua TP PKK itu disaksikan oleh Camat Towuti, Saenal, Kadis Kelautan, Alimuddin Nasir, Ketua DWP Luwu Timur, Hj. Masrah Bahri Suli, Ibu bhayangkari Ranting Towuti dan 12 Kepala Desa Kecamatan Towuti.

Ketua TP PKK Desa yang dilantik oleh ketua TP PKK Kecamatan Towuti, Haidar Saenal, S.Ag di antaranya Ketua TP PKK Desa Baruga, Ketua TP PKK Desa Asuli, Ketua TP PKK Desa Wawondula, Ketua TP PKK Desa Langkea Raya, Ketua TP PKK Desa Timampu, Ketua TP PKK Desa Pekaloa, Ketua TP PKK Desa Tole, Ketua TP PKK Desa Buangin, Ketua TP PKK Desa Kalosi, Ketua TP PKK Desa Libukan Mandiri, Ketua TP PKK Desa Mahalona dan Ketua TP PKK Desa Loeha.

Dalam kesempatan itu, Plt. Camat Towuti, Saenal mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ketua TP. PKK kabupaten menyempatkan diri hadir melantik Ketua TP PKK Kecamatan dan menyaksikan prosesi pelantikan Ketua TP PKK Desa.

“Agar kiranya ketua TP PKK Kabupaten, dapat memberikan arahan dan membina TP. PKK kecamatan maupun TP PKK desa sehingga program dan kegiatannya selaras dengan program TP. PKK Kabupaten,” jelas Saenal.

Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, saya menaruh harapan besar kepada ketua tim penggerak PKK Kecamatan dan Desa untuk mengaktifkan kembali kegiatan dasa wisma, karena kelompok Dasa Wisma merupakan ujung tombak pelaksanaan Gerakan PKK dari bawah,” harap Sufriyati.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menghimbau kepada Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa yang sudah dilantik untuk bekerjasama yang baik dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK sebagaimana tujuan mewujudkan Gerakan PKK.

“Dengan semua aspek pengembangannya, TP PKK secara terstruktur hingga ke tingkat PKK Desa harus saling memberi masukan agar memahami tugas pelayanannya di masyarakat. Selain melayani masyarakat, Ketua PKK Desa juga harus meningkatkan kapasitasnya secara berkala,” harapnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman juga berharap kepada para Kades agar tetap mendukung adanya Program PKK desa dalam memberikan pelayanan kesejahteraan masyarakat. “Hal ini penting, dukungan Kepala Desa demi meningkatkan kesejahteraan keluarga masyarakat Desa masing-masing,” katanya.

Ketua TP-PKK menitipkan tugas penting kepada Ketua TP-PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK Desa yang baru dilantik agar ikut serta membantu program pemerintah dalam mengatasi stunting dengan cara mengaktifkan posyandu, mengadakan peninjauan ke Posyandu dan memberikan bantuan makanan tambahan untuk balita yang kekurangan gizi agar masalah stunting bisa teratasi. Dan ini adalah tugas mulia untuk membantu sesama melalui program pemerintah.

Ia mengingatkan kepada Ketua PKK desa agar mempunyai jiwa pemimpin, serta mendampingi Kepala Desa, karena seorang pemimpin itu harus menjadi contoh yang diteladani oleh masyarakat.

“Saya ingin kita semua disini khusus Ketua PKK dapat menciptakan kegiatan PKK lebih baik dengan Inovasi-inovasi di Desa masing-masing sehingga dapat menginspirasi Desa lain,” pungkasnya.

Terakhir, Sufriyati mengucapkan selamat kepada TP PKK yang baru dikukuhkan, semoga dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan tulus dan ikhlas dan ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada para Ketua TP PKK Desa yang telah Purna tugas atas pengabdian sebagai Ketua TP PKK Desa.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Luwu Timur didampingi Ketua DWP Luwu Timur, Camat Towuti, Ketua TP PKK Kecamatan Towuti menyerahkan Bantuan Makanan Tambahan untuk Pencegahan Stunting dan gizi buruk dan penyerahan alat kampanye dan alat media eks Banner kepada kepala Desa dan Kepala Puskesmas.

Selain melantik TP PKK Kecamatan Towuti, Ibu Haidar dan menyaksikan Pelantikan 12 TP PKK Desa Kecamatan Towuti oleh Ketua TP PKK Kecamatan Towuti, dihari yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman juga menghadiri dan menyaksikan Pelantikan 4 Ketua TP PKK Desa oleh Ketua TP PKK Kecamatan Angkona, Ibu Putu Ayu Hera Erminayanthi diantaranya Ketua TP PKK Desa Tampinna, Ketua TP PKK Desa Solo, Ketua TP PKK Desa Balirejo dan Ketua TP PKK Desa Taripa. (hms/ikp/kominfo)

JANGAN LEWATKAN