Hadirkan Pemateri dari Provinsi, Bapelitbangda Lutim Buka Pelatihan PPRG Desa

Atas Post

 

Lutim, Sinyaltajam.com — Mewakili Bupati Luwu Timur Asisten l sekaligus Plt. Bapelitbangda Drs.Dohri As’ari membuka pelatihan Perencanaan Penganggaran dan Rensponsif Gender (PPRG) Desa bertempat di aula Gedung PKK Simpursiang Puncak Indah Malili, Senin (06/12)

Dalam pelatihan ini Plt.Bapitbangda Drs.Dohri As’ ari mengaharapkan agar fungsi dan peran Gender dapat disesuaikan dalam pembangunan yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

“Karena ini memang tugas kami Bappeda dalam memberikan pemehaman tentang perencanaan penganggaran yang berbasis Gender, baik ditingkat Kabupaten agar bagaimana teman teman OPD dapat mensinkronkan serta mendukung program ini,” kata Dohri As ‘ari.

Menurutnya Perencanaan penanggaran berbasis gender ini sudah dituangkan di RPJMD dan RAPBD dan itu nantinya akan dinggarkan setiap tahun melalui RENJA OPD

“Jadi dalam kegiatan ini yang kami undang adalah desa-desa yang baru pemilihan untuk diberi pelatihan agar memahami apa itu PPRG dan bagaimana agar bisa menyusun rensponsif gender ini,” ujarnya.

Lanjut kata Dohri, “Dan karena pelatihan ini 2 hari jadi untuk hari ini Transforming dulu yaitu bagaimana memahami konsep Rensponsif Gender Insya Allah besok pelatihannya tekhnis terkait cara penyusunan perencanaan penganggaran nya,”

“Dengan harapan Desa ini punya pemahaman yang sama dan berkontribusi dalam mewujudkan perencanaan berbasis gender, yang artinya baik dari laki laki, perempuan, lansia anak anak agar bisa juga menyesuaikan pembangunan di Desa,” Tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri Camat,PKK Kabupaten, para pendamping, dan seluruh kepala Desa terpilih. Dengan 2 pemateri dari provinsi, Anggota DPRD dari Komisi l, HJ.Harisah Suardjo, Kadis Sosial, Sukarti. (*)

 

Laporan: Herman Jaya

JANGAN LEWATKAN