Kepala Disdagkop-UKM Lutim Beserta Staff Ikuti Jalan Sehat Harkopnas Sinjai

 

Sinjai, Sinyaltajam.com — Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop-UKM) Kabupaten Luwu Timur, Rosmiyati Alwi turut mengikuti Jalan Sehat dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-74 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Sinjai.

Jalan sehat merupakan kegiatan pembuka pada peringatan Harkopnas ke 74 di Kabupaten Sinjai. Pada kegiatan ini, Disdagkop UKM Lutim sebagai leading sektor utama tidak hanya sendiri, namun juga memboyong beberapa dinas lain yang ada di Kabupaten Luwu Timur untuk ikut berpartisipasi karena acara utama dari Kegiatan ini ialah Pameran Expo.

Adapun Dinas yang terlibat pada Expo Harkopnas ini ialah Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan, Dinas Transnakerin, Dinas Kominfo, Dinas PMPTSP, dan Dinas Pertanian. Selain Dinas, Disdagkop juga memboyong beberapa Koperasi yang ada di Kabupaten Luwu Timur untuk berpartisipasi, diantaranya Koperasi Karyawan Vale Indonesia (KKVI), Koperasi Rahmat Mandiri, Koperasi Agro Mandiri Utama, Dewan Koperasi Nasional Daerah, Koperasi PN Guru Wotu/Burau, dan Koperasi Pusat Niaga Malili.

Usai mengikuti Jalan Sehat, Kepala Dinas Dagkop UKM Lutim, Rosmiyati mengungkapkan bahwa, jalan sehat dan sepeda santai ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Harkopnas ke 74 Sinjai ini. Masih ada lagi kegiatan lain yang akan kita ikuti diantaranya, workshop perkoperasian, aksi donor darah, penanaman pohon, dan pemberian penghargaan kepada koperasi yang berprestasi.

“Insya Allah puncak acara Harkopnas ke 74 tingkat Sulsel di Kabupaten Sinjai ini akan digelar besok (Sabtu, 11 Desember 2021) yang di pusatkan di Lapangan Sinjai Bersatu,” ujar Rosmiyati, Jumat (10/12/2021).

Untuk bahan pameran yang akan di pajang di stand, Rosmiyati mengungkapkan ada berbagai macam, diantaranya Lada bubuk dan biji baik yang hitam maupun putih, Abon ikan teri zaky dan abon ikan tuna, Terasi udang ebi Malili, kerupuk kertas rumput laut, keripik nangka, crispy ikan pangkilang, kripik pisang kuporai, kacang sembunyi, bolu cukke nabila, sambal pedas kiboy’z, sambal pangkilang, teng-teng kacang, bawang merah kuporai dan Matano Rice yang merupakan beras organik.

“Selain bahan makanan, kami juga akan memamerkan 2 kerajian tangan yang ada di Kabupaten Luwu Timur, diantaranya kerajinan tangan yang terbuat dari enceng gondok, dan kerajinan teduhu yang berbahan dasar dari pakis hutan,” tandas Rosmiyati Alwi.

Sebelumnya, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadihsta Asapa didampingi Ketua TP PKK Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, melepas peserta jalan sehat yang mengambil start dari Koperasi Mina Pasabu Karya menuju tempat Finish di objek wisata Mallenreng Beach yang diikuti 24 Kabupaten Kota se-Sulawesi Selatan.

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 tingkat Sulawesi Selatan Tahun 2021 di Kabupaten Sinjai ini mengusung tema “Transformasi Digital Bisnis Koperasi Menuju Koperasi Kuat, Modern dan Mandiri” yang puncak acaranya ialah hari Sabtu (11 Desember 2021) yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Plt. Gubernur Sulsel. (ikp/kominfo)