Rakerda Dekranasda Sulsel, Sufriaty Budiman Kenalkan Produk Kerajinan Unggulan Luwu Timur

Atas Post

 

Lutim, Sinyaltajam.com -Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel yang berlangsung di Hotel Claro, Makassar, Kamis (09/12/2021).

Rakerda Dekranasda se-Sulawesi Selatan tahun 2022 ini mengangkat tema “Pengrajin Sehat, Pengrajin Hebat, Sulsel Jaya, Indonesia Maju” nantinya diharapkan bisa menghasilkan rumusan program yang mendukung kemajuan masyarakat khususnya sektor ekonomi kreatif dan kerajinan di Sulawesi Selatan yang dikuti pengurus Dekranasda 24 Kabupaten/Kota.

Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina berharap agar semua pengurus Dekranasda Kabupaten Kota bisa lebih mengupdate produk-produk kerajinan di daerahnya.

“Misalnya dibuatkan galeri kain khas daerah, museum produk unggulan yang terbaru. Kemudian sesering mungkin mengupdate kerajinan di Sekretariat Dekranasda daerah misalnya produk tas ataupun barang lainnya,” jelasnya.

Naoemi Octarina juga meminta Dekranasda se-Sulawesi Selatan membentuk wirausaha baru, dan melatih mental masyarakat agar mau berusaha kemudian melakukan pembinaan manajemen usaha seperti manajemen SDM, Operasional dan kerajinan.

Berbagai permasalahan dalam pengembangan produk kerajinan lokal di Kabupaten Luwu Timur juga dilaporkan ketua Dekranasda Luwu Timur dalam rapat kerja Dekranasda tersebut.

Ketua Dekranasda Luwu Timur, Sufriyati Budiman yang di dampingi pengurus Dekranasda Luwu Timur sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Rakerda Dekranasda di Makassar, Selain memaparkan program kedepan, juga sebagai ajang silaturahmi antar pengurus Dekranasda se-Sulawesi Selatan.

Hj. Sufriyati Budiman mengemukakan bahwa, Dekranasda Luwu Timur terus berupaya mendorong peningkatan kualitas karya (produk kerajinan) dan kemandirian pengrajin. Ia juga memaparkan sejumlah capaian kerja Dekranasda Luwu Timur di tahun 2021.

“Saya melaporkan bahwa Dekranasda Luwu Timur telah mengikuti beberapa pameran diantaranya pameran produk unggulan Kabupaten/Kota dalam Rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke 49 TK, Provinsi Sulawesi Selatan. Pameran APKASI Otonomi Expo 2021 di JCC (Jakarta Convention Center) Senayan, Jakarta, dan Pameran TITAF Expo 2021 di Jogja City Mall, Yogyakarta,” ujar Sufriyati.

Dihadapan ketua Dekranasda Sulsel, Hj. Naoemi Octarina dan Kadis Perindustrian, H. Ahmadi Akil, Sufriyati memperkenalkan Kerajinan Anyaman Teduhu dengan memakai langsung tas anyaman teduhu hasil binaan UMKM di Kecamatan Nuha.

Menurut Sufriyati, Kerajinan anyaman teduhu merupakan produk unggulan di Luwu Timur dan ramah lingkungan. Produk ini sudah beberapa kali dipromosikan di setiap event seperti pameran, bukan hanya itu, Ketua Dekranasda Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman juga menggunakan kerajinan anyaman teduhu ini di rumah jabatan Bupati Luwu Timur, seperti tempat tissu, bosara, baki dan tempat minuman mineral.

Adapun rencana program kerja Dekranasda Luwu Timur yang akan direalisasikan pada tahun 2022 yakni Pengembangan Industri Kecil dan Menengah, Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro, Peningkatan Promosi dan Investasi, Peningkatan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pengembangan Pemasaran Pariwisata.

Ketua Dekranasda Luwu Timur, Hj. Sufriyati mengharapkan perhatian dan bantuan dari ketua Dekranasda Provinsi Sulsel melalui Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan.

“Semoga dengan Rakerda Dekranasda ini dapat memberikan support dan motivasi kepada Dekranasda kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan, supaya terus meningkatkan kinerja dan meningkatkan kualitas kerajinan Daerah,” tukas Sufriyati. (hms/ikp/kominfo)

JANGAN LEWATKAN