Sufriaty : PKK Luwu Timur Harus Hebat Berjuang, Berkarya, dan Berinovasi

Atas Post

Makassar, Sinyaltajam.com — Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman memberikan spirit dan motivasi saat didaulat memberikan ceramah Umum bagi seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten dalam pelaksanaan Bimtek Orientasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dalam Rangka Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan yang berlangsung di Grand Asia Hotel, Makassar, Senin (13/11/2021).

Ceramah Umum Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur mengangkat tema “Strategi PKK dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga”. Ceramah umum ini sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Ketua Tim Penggerak PKK Desa.

Menurut Sufriaty, Gerakan PKK adalah Gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya Keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Ia juga mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX Tim Penggerak PKK Tahun 2021 telah dilaksanakan beberapa waktu lalu yang mengamanahkan 4 (empat) agenda prioritas.

Agenda prioritas itu, kata Sufriaty, mencakup 4 (empat) agenda prioritas, yakni ketahanan ekonomi masyarakat, revolusi mental, pelestarian lingkungan hidup, serta memperkuat pelayanan dasar. “Empat agenda prioritas harus diimplementasikan juga melalui 10 Program Pokok PKK yang dilaksanakan oleh seluruh tingkatan TP-PKK, baik Pusat, Provinsi, maupun daerah.

Dalam Rakernas PKK tahun 2021 itu mengangkat tema ‘Sinergitas dan Kemitraan Menjadi Kunci dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera’ yang bertujuan untuk menciptakan keluarga pelopor perubahan melalui pembinaan karakter keluarga, pendidikan, dan peningkatan ekonomi keluarga, serta penguatan ketahanan keluarga, dan kesehatan keluarga dan lingkungan.

Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman mengatakan, bimtek yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang fungsi dan tugas bagi Ketua TP PKK Desa.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Desa, Kelurahan maupun kecamatan yang merupakan ujung tombak atau garda terdepan dari keberhasilan kegiatan PKK di wilayah masing-masing, diharapkan fokus untuk mengikuti Bimtek tersebut.

“Dengan adanya Bimtek ini, peserta sangat diharapkan dapat mengimplementasikan 10 program pokok PKK, termasuk juga dapat berperan penting dalam mensosialisasikan apalagi menyangkut penanganan pandemi Covid-19, penurunan angka stunting, dan penguatan ekonomi masyarakat,” harapnya.

“Kepada seluruh Ketua TP PKK Desa untuk bekerja seperti jarum dan benang yang mampu menyatukan yang terpisah, artinya ketua TP PKK Desa harus mampu menciptakan harmoni dalam dinamika kehidupan pergaulan di wilayahnya masing-masing,” ulas Sufriyati.

Melalui kegiatan ini, Hj. Sufriyati Budiman meminta kepada ketua TP PKK Desa harus berani membuat terobosan, kreatif dan inovatif, sejalan dengan program PKK Kabupaten. Tim penggerak PKK harus hebat, hebat berjuang, hebat berkarya, hebat berinovasi. (hms/ikp/kominfo)

JANGAN LEWATKAN