Buka Rakor, Bupati Lutim : PKK Berperan Sebagai Mitra Strategis Pemerintah

Lutim, Sinyaltajam.com — Dalam rangka mengembangkan peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai salah satu komponen pendukung pembangunan daerah, maka Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Luwu Timur (Lutim) dan Tim Pembina atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, melakukan rapat koordinasi (Rakor), di Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim, Kamis, (16/12/2021).

Kegiatan yang dibuka secara resmi Bupati Luwu Timur, H. Budiman tersebut, turut pula dihadiri Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman, para pengurus TP PKK Lutim, para Kepala OPD terkait Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim, serta para anggota Kelompok Kerja (Pokja) dua dan tiga.

Melalui sambutannya, Budiman mengatakan, forum tersebut penting untuk dilakukan. Sebab, kata dia, PKK telah berperan sebagai mitra strategis Pemerintah, khususnya terkait pemberdayaan potensi masyarakat berbasis keluarga.

“Apalagi forum ini juga melibatkan Tim Pembina OPD. Sehingga diperlukan sinergitas, kolaborasi dan singkronisasi program,” katanya.

Dia menambahkan, gerakan PKK merupakan bagian integral Pemerintah yang memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan perberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas Pemerintah, dapat terlihat dari 10 program PKK yang selaras dengan program dan kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan keluarga,” imbuhnya.

Selain itu, Budiman menyebutkan, meski Pemerintah daerah telah membentuk unit kerja yang secara khusus menangani pemberdayaan masyarakat dan perempuan. Namun, peran PKK dinilai masih dominan karena memiliki jaringan yang luas hingga ke tingkat yang paling bawah di desa, serta lebih memahami kondisi sosial ekonomi kelompok sasaran.

“Maka sudah selayaknya, OPD menggandeng PKK melaksanakan program-program kerja yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tandasnya. 

Tak hanya itu, dia juga berharap, Rakor tersebut mampu mendorong percepatan 10 program pokok PKK dalam memecahkan berbagai persoalan pemberdayaan keluarga, dengan tujuan akhir menjadi gerakan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Saya berharap gerakan PKK tetap aktif mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), mencegah stunting, menata lingkungan, dan mengedukasi masyarakat khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan, termasuk ikut menyukseskan program vaksinasi yang ditergetkan sebesar 70 persen,” harapnya.

Sementara itu, setelah kegiatan tersebut dibuka secara resmi, selanjutnya Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty menyampaikan pelbagai gerakan dan program yang nantinya akan dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Luwu Timur. (ikp/kominfo)

JANGAN LEWATKAN