Pemda Luwu Timur dan PLN Teken MoU Listrik Gratis RTM

 

Lutim, Sinyaltajam.com — Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melakukan Penandatanganan Mou dengan PT. PLN (Persero) Rayon Sawerigading Palopo. Kerjasama ini terkait pemasangan sambungan listrik gratis 900 VA untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Luwu Timur.

Mewakili Pemkab Luwu Timur, Bupati Luwu Timur, H. Budiman sedangkan sebagai perwakilan PLN dilakukan oleh Manager PLN Palopo, Alimuddin. Penandatanganan berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Kamis (16/12/2021) .

Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan bahwa, MoU ini merupakan program Pemerintah Luwu Timur dalam membantu warga kurang mampu untuk mendapatkan penerangan listrik PLN. “Jadi harapan saya, lewat program ini tidak ada lagi kampung yang gelap. Karena setiap desa akan memasang paling sedikit 10 titik lampu. Dan ini berjalan terus. Momen inilah saya berharap PLN bisa menopang dengan baik energi listriknya,” ujarnya.

Budiman juga menyambut baik persiapan yang dilakukan PLN Palopo untuk menyediakan ketersediaan energi listrik di Luwu Timur. “Kedepan, Kabupaten Luwu Timur memang sangat membutuhkan ketersediaan energi listrik yang cukup,” kata Budiman.

“Insya Allah, Awal tahun 2022 nanti kami akan melaksanakan program 1 Miliar 1 Desa. Lewat program ini kami akan melaksanakan Luwu Timur terang yang akan di mulai diseluruh desa di Luwu Timur,” ungkap Bupati Luwu Timur.

“Terimakasih saya ucapkan atas kerjasama ini, tentu ini akan semakin membawa perubahan bagi Luwu Timur menuju kearah yang lebih baik lagi,” tandas Budiman.

Sementara Manager PT. PLN (Persero) Rayon Sawerigading Palopo, Alimuddin mengatakan, baru Kabupaten Luwu Timur yang melakukan kerjasama Pemasangan Sambungan listrik gratis kepada PLN untuk warga kurang mampu. Ia menjelaskan, di Kabupaten Luwu Timur ada sekitar 200 rumah tangga kurang mampu yang terdata untuk dipasangkan sambungan listrik 900 VA.

“Berdasarkan data yang ada, jumlah ini tersebar di 11 kecamatan di Luwu Timur, ada sekitar 200 Rumah Tangga Miskin yang akan dipasangi KWH. Ini kami laksanakan secepatnya setelah penandatanganan MoU ini,” tegas Alimuddin.

Ia juga menjelaskan, saat ini PLN juga memiliki proyek pemasangan jaringan kabel dari Kecamatan Wotu hingga ke Luwu utara sekitar 55 KM. Proyek PLN ini merupakan salah satu persiapan yang dilakukan PLN dalam menyediakan energi listrik yang cukup buat industri di Kabupaten Luwu Timur.

“Kami berupaya untuk menyiapkan ketersediaan energi listrik karena kami dapat informasi bahwa PT. CLM akan membangun Smelter termasuk untuk pengembangan Pabrik Kelapa Sawit di Luwu Timur. Tentu ketersediaan energi listrik harus handal untuk menopang pertumbuhan industri tersebut,” jelas Alimuddin. (hms/ikp/kominfo)

JANGAN LEWATKAN