Pelatihan Jurnalistik, Najamuddin: Tugas Wartawan Sebagai Pengawas dan Sosial Kontrol

Atas Post

TOWUTI, SINYALTAJAM.COM – Anggota DPRD kabupaten lutim, Najamuddin dari fraksi Golkar menghadiri undangan forum persaudaraan masyarakat lutim, (F-PM) pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang diadakan di aula kantor desa Asuli, sabtu, (18/12).

Kehadiran Najamuddin dalam pelatihan tersebut tak lain sebagai pembawa pemateri dialog interaktif sosial kontrol dalam pembangunan kabupaten lutim.

Dalam materinya Najamuddin menyampaikan, “terkait dengan pelatihan hari ini yang perlu kita tau selaku wartawan yaitu poksi kita, yaitu sebagai pengawasan dan sebagai sosial kontrol.

Najamuddin, yang juga merupakan mantan wartawan senior itu mengatakan ” tugas seorang wartawan itu merupakan tugas yang paling mulia karena tidak ada yang gaji kita, karena menurutnya wartawan itu lebih sibuk dari pada yang lain namun wartawan itu sangat di butuhkan di kalangan masyarakat, sehingga dalam penulisan sebuah pemberitaan itu harus jelas, baik dan benar.

“Jangan menulis sumber berita yang kurang jelas. kita harus betul-betul mengetahui asal-usulnya terlebih dahulu dan mencari narasumber yang lebih jelas, tuturnya.

Ia juga mengatakan ” dalam hal mengolah sebuah informasi itu, kita harus menjaga etika, seperti sebelum melakukan pengambilan gambar atau melakukan wawancara terlebih minta ijin dulu dan melihat kondisi yang ada”. Ungkapnya.

Perlu juga di ketahui, kegiatan ini juga dihadiri langsung ketua Aliansi Media Jurnalis Republik Indonesia (AMJI-RI) Arham MS, SE, kadis kominfo lutim, Masdin, selaku perwakilan dari Bupati lutim, perwakilan kapolsek Towuti, A. Pamuso, KKN dari Unanda dan sejumlah peserta pelatihan jurnalistik.(*)

Laporan: Masding

JANGAN LEWATKAN