Pemdes Lakawali Adakan Penyuluhan Keluarga Sadar Hukum

Atas Post

 

MALILI, SINYALTAJAM.COM – Pemdes Lakawali, kecamatan Malili, kabupaten Lutim mengadakan Penyuluhan hukum dan pembinaan keluarga sadar hukum sebagai dasar implementasi, di aula kantor desa Lakawali, senin (20/12) dengan menghadirkan penyuluh, Brigpol Agus Salim dari anggota polres lutim sekaligus sebagai Bhabinkamtibmas di desa lakawali.

Kegiatan ini di buka langsung kades lakawali, Muh.Yamin. Dalam sambutannya Ia mengatakan, ” betapa pentingnya penyuluhan ini di adakan karena kita ini adalah negara Pemerintahan dan negara hukum, dengan tujuan untuk bagaimana kita ini bisa meningkatkan pemahaman kesadaran hukum terhadap masyarakat kita, dan bisa memahami serta mentaati aturan hukum yang ada sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Brigpol Agus Salim, selaku penyuluh dalam kegiatan ini menyampaikan ” hukum itu merupakan aturan yang di buat pemerintah untuk kita laksanakan bersama dan wajib kita taati dan peraturan yang berupa norma dan sanksi yang di buat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia menjaga ketertiban, keadilan dan mencegah terjadinya kekacauan, ungkapnya.

Ia juga mengatakan “agar kesadaran hukum bisa terwujud di masyarakat, tentu masyarakat harus di dasari dengan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum seperti, pendidikan dan pelatihan tentang hukum, dan kampanye sosialisasi hukum ke masyarakat, kesadaran akan kewajiban hukum yang harus di taati serta pemberian tindakan berupa sanksi dan penghargaan, tuturnya.

Agus Salim juga menyampaikan “ada beberapa hak dan kewajiban warga negara, antara lain, hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak, hak untuk hidup dan memperhatikan kehidupan, hak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah, hak kelangsungan hidup, hak atas pengakuan jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum.

Lanjut Agus, “warga negara juga mempunyai hak kewajiban antara lain, wajib menaati hukum dan pemerintahan, ikut serta dalam upaya pembelaan negara, menghormati hak asasi manusia orang lain, tunduk kepada pembatasan yang di tetapkan dengan undang-undang, ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

“Tujuan hukum pada itu hakikatnya untuk mewujudkan keadilan, keamanan dan ketentraman seperti menciptakan ketertiban.

Lebih jelas, Agus Salim mengatakan “kalau hukum publik yaitu hukum yang mengatur hubungan antara negara dengan alat kelengkapan negara dan mengatur hubungan antar negara dan warga negara itu terbagi menjadi, hukum pidana, hukum tata negara dan hukum administrasi negara”. Ungkapnya

Perlu di ketahui, kegiatan penyuluhan ini di hadiri, kades Lakkawali dan aparatnya, ketua BPD dan anggotanya, Bhabinkamtibmas, Babinsa, KKN Unanda, tokoh masyarakat, tokoh Agama, serta RT dan sebagian masyarakat . (*)

laporan: Masding

JANGAN LEWATKAN