Serah Terima Program IBM, Kades Bonto Tengnga : Mari Kita Jaga Infrastruktur yang Sudah Dibangun

Atas Post

SINJAI,SINYALTAJAM.com  – Asisten Ekonomi Pembagunan (Ekbang) Pemkab Sinjai Andi Ilham AB, mewakili Bupati Sinjai di dampingi Kasie Pelaksana Balai Prasarana Permukiman Wilayah II Sulsel, Suryanti Adnan,ST dan sejumlah stakeholder terkait meresmikan sekaligus serah terima program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) di desa Bonto Tengnga kecamatan Sinjai Borong, Rabu (22/12).

Dalam sambutannya, mantan Camat Sinjai Borong tersebut menyampaikan bahwasanya program Sanitasi Desa ini merupakan kegiatan Padat Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Direktorat Sanitasi yang merupakan wujud nyata sinergitas Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kabupaten melalui Pemerintah Desa.

” Ini merupakan program nasional dari Kementerian PUPR yang dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat di perdesaan,” ujar Ilham AB.

Sementara itu, Kasie Pelaksana BPPW Sulsel Wilayah II Suryanti Adnan mengatakan proses pelaksanaan kegiatan sanitasi perdesaan padat karya ini, manfaat yakni desa yang masih memiliki sanitasi rendah, namun sudah memiliki air bersih.

” Program pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar serta menekan dampak terhadap air limbah dalam penyaluran setiap perumahan dan juga untuk mengurangi tingkat kesenjangan di masyarakat,” ucap Suryanti.

Peresmian
Asisten Ekbang Pemkab Sinjai Andi Ilham Abu Bakar meresmikan Program Sanitasi Desa

Dalam kesempatan yang sama , Kades Bonto Tengnga Kaswan Mahmud menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulsel serta Pemerintah Kabupaten Sinjai atas masuknya berbagai program padat karya di desanya.

” Meskipun desa kami merupakan desa yang jauh dari Perkotaan dan berada di pegunungan, namun Alhamdulillah, program-program pembagunan Padat Karya tidak hentinya masuk di desa kami,” ungkap Kaswan.

Kaswan Mahmud melanjutkan di desa Bonto Tengnga terdapat sekitar 100 unit Sanitasi Desa dan manfaatnya hari ini telah dapat dipergunakan oleh warga.

” Marilah kita menjaga Sanitasi ini, karena tidak semua masyarakat mendapatkan bantuan ini. Kita jaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan,” pintanya.