Kisruh Lahan Old Camp, Bupati Lutim Mediasi Warga Adat KWAS

Atas Post

LUTIM,SINYALTAJAM –  Bupati Luwu Timur, H. Budiman memediasi dua pihak Kerukunan Wawania Asli Sorowako (KWAS) yang berkisruh terkait pembagian lahan old camp yang diserahkan oleh PT. Vale Indonesia kepada warga adat KWAS.

Kedua kubu tersebut yakni Andi Baso Makmur (Plt. Ketua KWAS) dan Jahalu (Mantan Ketua KWAS). Mediasi kedua belah pihak yang berlangsung di Ruang Rapat Otuno Gedung Ontae Luwu, Sorowako, Kecamatan Nuha, Rabu (12/01/2022), dilakukan setelah aksi unjuk rasa yang dilakukan Forum tersebut di beberapa titik di Sorowako.

Mediasi ini juga turut dihadiri Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester Mangombo Marusaha Simamora, Perwira Penghubung (Pabung) Luwu Timur, Mayor Inf. Martinus Pagassing, Presiden Direktur PT. Vale Indonesia Febriany Eddy dan unsur terkait lainnya.

Meski sebelumnya kedua pihak berpegang teguh pada pendirian masing-masing, namun dalam mediasi tersebut, keduanya sepakat duduk bersama mencari solusi dan titik temu.

Setelah melalui perundingan yang cukup alot, akhirnya dua kubu Kerukunan Wawainia Asli Sorowako (KWAS) mencapai kesepakatan untuk membicarakan lebih lanjut.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, meskipun kisruh yang terjadi antar kedua belah pihak merupakan ranah internal KWAS, namun pihaknya berkewajiban untuk membantu kedua belah pihak mencari jalan penyelesaian dari persoalan ini.

“Alhamdulillah, kehadiran kita di sini bersama sejumlah unsur terkait tak lain untuk menyelesaikan masalah ini, kami akan tetap mencari titik temu terbaik dalam persoalan ini, kita berharap dengan mediasi yang dilakukan ini dapat menemukan titik terang,” ucap Bupati.

“Kita percayakan kepada mereka berdua untuk menangani terkait lahan di Old Camp, kalau hari ini atau besok mereka berdua telah menemukan titik terang, kita akan melanjutkan ke proses selanjutnya,” tambah Bupati.

Terkait lahan tersebut, menurut Bupati tidak ada masalah di Pemerintah ataupun di PT. Vale, karena tanah itu akan diserahkan namun pihaknya tidak mau ada gesekan yang terjadi akibat persoalan lahan ini.

Usai mendengar penyampaian yang disampaikan warga, kedua belah pihak pun menyampaikan terima kasih pada Bupati dan unsur terkait lainnya yang telah memediasi secara langsung persoalan lahan ini.

(hms/ikp/kominfo)

JANGAN LEWATKAN