Budiman Silaturahmi Dengan Suku Adat Padoe

Atas Post

LUTIM. SINYAL TAJAM. com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty menghadiri acara silaturahmi Penyambutan Datu Luwu XL bersama 10 Anak Suku Kemokolean Nuha yang dipusatkan di Rumah Adat Patudu Padoe Jl. Tabarano, Desa Tabarano, Kecamatan Wasuponda, Sabtu (15/01/2022).

Kedatangan Bupati disambut Tari Riringgo, dimana tarian tersebut telah mendapat Penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mengawali sambutannya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mewakili Yang Mulia To PapoataE’ Datu Luwu XL, La Maradang Mackulau Opu To Bau, memohon maaf karena beliau tidak sempat hadir langsung dan bersilaturahmi dengan masyarakat adat padoe.

Bupati menilai bahwa ini merupakan suatu kehormatan buat dirinya selaku pribadi dan keluarga, selaku Bupati yang bisa bersilaturahim dengan seluruh tokoh adat.

Lanjut Budiman, Pemerintah daerah mempunya visi yakni Luwu Timur Berkelanjutan, Lebih Maju Berlandas Nilai Agama dan Budaya, yang berarti berkewajiban kita untuk mensukseskan seluruh acara-acara yang berlandas budaya.

“Untuk itu, saya menitip daerah ini kepada orang-orang tua saya dan para Tokoh Adat yang ada ditempat ini, mari kita bahu membahu, berkolaborasi membangun daerah ini, Insya Allah daerah ini akan menjadi daerah yang maju, berkelanjutan berlandas nilai agama dan budaya,” ajak Bupati Luwu Timur.

Terakhir, Bupati berharap pertemuan ini dapat mempererat hubungan silaturahmi antara tokoh adat dan budaya dengan Pemerintah Daerah Kab. Luwu Timur dan tentunya juga diharapkan akan menjadi wadah yang dapat memberikan kontribusi bagi terciptanya semangat persatuan dan kesatuan, memperkuat harmoni, kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bersama serta mengenalkan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam setiap karya adat.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Penyerahan sertifikat karya budaya tak benda dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diserahkan oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman kepada Mohola Adat Padoe, Meryban Malotu, BA.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lutim, Drs. La Besse, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Lutim, Andi Tabacina Akhmad, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lutim, Andi Makkaraka, Perwakilan Polres Luwu Timur, dan Dandim, Camat Wasuponda bersama Istri, Management PT. Vale Indonesia Tbk., Unsur Muspika, perwakilan Mokole Nuha, dan seluruh Ketua Adat dan Toko Adat Padoe. (ikp)

JANGAN LEWATKAN