Bupati Budiman Hadiri Pengukuhan Andi Rum Nyiwi Opu To Pamadeng Sebagai Mincara Malili

Atas Post

LUTIM. SINYALTAJAM. com – Andi Rum Nyiwi Opu TO Pamadeng di kukuhkan sebagai Mincara Malili oleh Datu H.A.Maradang Mackulau Opu To Bau SH. To Papuatae Datu Luwu XI yang disaksikan oleh Jajaran Pemda dan Forkopimda bertempat di Andi Nyiwi Park Malili Luwu Timur. Sabtu (15/01).

Dalam sambutannya Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu To Bau menjelaskan bahwa Mincara merupakan penghubung silaturrahmi diantara Kedatuan Luwu.

“Dalam hal ini telah diperkuat oleh konstitusi yang telah berhasil dipertahankan melalui Kedatuan Luwu yang harus ditaati,yaitu elona datue,”kata Andi Maradang Mackulau.

Menurut Datu Luwu XI bahwa sebagai pemegang Mincara yang diamanahkan hendaknya dapat betul-betul menjadi penghubung Silaturahmi serta mempertahankan adat istiadat dan budaya di Luwu.

“Olehnya itu apapun kendala yang dihadapi hendaknya tetap kita tanamkan sifat sipakalebbi,sipakainge,sipatokkong sipakatau,”Tandasnya.

Sementara Bupati Luwu Timur Drs H. Budiman M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan, “Alhamdulillah saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur manyambut baik Kegiatan pengukuhan ini dan berharap dapat membawa dampak positif serta memberikan kontribusi untuk pembangunan Luwu Timur kedepan,” ujarnya.

“Untuk itu saya mengucapkan selamat datang kepada Sri Baginda Yang Mulia Datu Luwu To Papuatae,Dewan Adat XII beserta seluruh rombongan Kedatuan di Luwu di Kabupaten Luwu Timur ini,” Sambut Budiman.

Lanjut Kata Bupati Luwu Timur, “Saya pribadi merasa bangga bisa hadir dan bersama kita semua di tengah keluarga besar Kedatuan Luwu,menyaksikan secara bersama-sama sejarah pengukuhan kembali Mincara Malili yang merupakan keluarga terdekat yang Mulia Datu Luwu,”tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Budiman menyampaikan bahwa di kukuhkannya Mincara Malili merupakan perpanjangan tangan dan penyambung lidah Kedatuan Luwu dalam menjaga,merajut dan merawat hubungan kekerabatan dalam wilayah “Bate-bate laleng pare” atau bekas-bekas pemerintahan Kedatuan Luwu.

“Semoga Mincara Malili yang baru saja dikukuhkan Opu Andi Rum Nyiwi To Pamadeng dapat menjalankan amanah sebagai Mincara yang di embannya serta dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab juga menjadi contoh suri tauladan bagi masyarakat tentan adat dan budaya Luwu khususnya di Malili ini,” Tutur Budiman.

Pengukuhan tersebut berlangsung pukul 09.00 sampai selesai di hadiri oleh Datu Luwu,Bupati Luwu Timur dan jajaran Pemda,Jajaran Forkopimda, anggota DPRD , para Camat dan  Kepala Desa se-Kabupaten Luwu Timur, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda Luwu Timur.

Lap (Herman Jaya)

JANGAN LEWATKAN