Sekda Bahri Suli Ajak Mahasiswa Unhas Berkolaborasi Dengan Pemda Lutim

Atas Post

LUTIM. SINYALTAJAM.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Timur, H. Bahri Suli didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud), La Besse, menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 108 Universitas Hasanuddin (Unhas) Periode Juni-Agustus 2022 dengan tema “Peran Mahasiswa KKN Unhas Dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Program Desa Inovatif 5.0”, di Aula Kantor Bupati, Senin (27/06/2022).

Sekretaris Daerah (Sekda), H. Bahri Suli dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Koordinator Dosen Pembimbing di Kabupaten Lutim, Bumi Batara Guru. “Penghargaan dan terimakasih juga saya sampaikan kepada Unhas yang telah menempatkan mahasiswanya untuk melakukan KKN di Lutim,” katanya di depan mahasiswa KKN Unhas.

Bahri Suli juga mengajak 58 mahasiswa KKN Tematik Inovasi Pengembangan Kawasan dan KKN Tematik Perhutanan Sosial, saling berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Lutim.

“Oleh karena ini, saya berharap bahwa teman-teman di jajaran Pemda Lutim dalam hal ini para camat, kepala desa dan lurah bisa bekerjasama dengan mahasiswa KKN ini agar program-program yang kita lakukan bisa bersinergi dengan program atau kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN Unhas,” tandasnya.

Menurutnya, ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa saat menempuh pendidikan, bisa dimanfaatkan untuk melihat sejauh mana kondisi daerah ini bisa dikembangkan. Kemudian juga ada kegiatan-kegiatan inovasi yang dapat dilakukan, yang akan menjadi bahan masukan untuk Pemda kedepannya.

Terakhir, ia menekankan agar dalam beraktivitas dan berkomunikasi yang berhubungan dengan masyarakat untuk senantiasa menjaga sikap dan berprilaku yang baik. Sehingga mayarakat juga bisa lebih mamahami mahasiswa yang sedang menjalankan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Walaupun hanya dua kecamatan yang menjadi fokus kegiatan KKN, tapi kita berharap bahwa dengan kedatangannya di Lutim bisa memberikan motivasi khususnya terhadap masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Koordinator sekaligus Dosen Pembimbing, Dr. Ir. Syarifuddin Mabe Parenren menitipkan mahasiswanya untuk melakukan KKN di Lutim. Ia berharap para peserta tersebut mampu berkontribusi secara optimal.

“Terimakasih kepada Pemda Lutim yang senantiasa memberikan dukungan. Dan semoga kehadiran mahasiswa ini tidak sekedar seperti KKN jaman dulu, kita mau mahasiswa ini menjadi penggerak dan pendorong lahirnya inovasi-inovasi,” tandasnya.

Adapun Lokus kegiatan mahasiswa baik KKN Tematik Inovasi Pengembangan Kawasan Lutim maupun KKN Tematik Perhutanan Sosial Lutim tersebut ialah di Kecamatan Nuha dan Kecamatan Burau. (ikp)

JANGAN LEWATKAN