banner 728x250

Kabar Baik, Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Akan Membangun Kolam Perendaman Lada

banner 120x600
banner 468x60

LUTIM,SINYAL TAJAM. COM – Berdasarkan data yang di peroleh saat tim dari Kominfo dan beberapa media partner berkunjung ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur pada Rabu 31 Agustus 2022 diketahui hasil produksi sektor pertanian mengalami penurunan beberapa tahun belakangan ini.

Salah satu komoditi perkebunan yang mengalami penurunan sejak tahun 2018 yaitu produksi tanaman Lada namun tahun 2021 produksi Lada kembali meningkat walaupun hanya beberapa persen saja.

“Penyebab menurunnya produksi ini dikarenakan harga Lada terpuruk turun sampai Ke level 35.000 perkilo sehingga banyak perkebunan Lada terlantar karena harga tidak sesuai dengan biaya operasional,”ujar Muchtar selaku Kabid Perkebunan DPKP Luwu Timur.

Lanjut kata dia’ selain harga yang anjlok penurunan juga di sebabkan karena kualitas biji Lada yang kurang baik yang disebabkan proses perendaman yang menggunakan kolam seadanya saja, pungkasnya.

Untuk meningkatkan kualitas biji Lada Dinas Pertanian akan membuat kolam perendaman Lada yang pemanfaatannya bersifat kelompok.

“Tahun ini kita akan membangun 2 unit kolam perendaman lada di desa Bantilang dan desa Loeha yang anggarannya sekitar 180 juta per unit bersumber dari APBD dan tahun depan kita juga akan membangun satu di desa Kalosi,”ujar Mukhtar.

Mukhtar berharap setelah nanti kolam ini jadi bisa merubah kualitas biji lada dan kita usahakan untuk semua wilayah nantinya,tutupnya.

Lap Ismail

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *